Boleh dibilang
sebagian besar anda dirumah tidak memiliki alat atau tools untuk melakukan troubleshooting
masalah jaringan seperti LAN tester, Multi-meter atau sejenisnya. Kita tahu
bahwa jaringan
komputer kita tidak selamanya akan berjalan sesuai dengan harapan
kita untuk berada pada performa terbaiknya. Suatu saat ada kalanya kita
mengalami suatu masalah jaringan yang mengharuskan kita melakukan
troubleshooting untuk mencari masalahnya dan mengembalikan jaringan seperti
normalnya.
Alat troubleshooting
Jika dalam suatu
jaringan kelas enterprise yang complex, seorang atau beberapa engineer jaringan
menggunakan tools untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan misal dengan
network management tools untuk mendeteksi titik kerusakan, LAN-tester,
multi-meter dll. Sementara untuk jaringan dirumahan anda tidak memerlukan atau
tidak ada tools tersebut untuk memperbaiki masalah jaringan anda.
Diagram konsep jaringan
Gambar 1 berikut
ini menunjukkan diagram jaringan LAN dirumahan yang biasa digunakan untuk
membagi sambungan internet seperti Speedy atau jaringan Cable lainnya dimana perangkat
jaringan yang umum digunakan adalah modem-router yang terhubung ke
Internet lewat ISP anda, sebuah Switch LAN, kabel
jaringan penghubung antara modem-router dengan Switch, dan beberapa komputer.
PC-A terhubung ke Switch (port#1) dengan menggunakan kabel jaringan –A dan PC-B
dengan kabel jaringan-B ke Switch port#7.
Dalam
kenyataannya diagram seperti diatas tidak baku persis, akan tetapi kebanyakan
perangkat yang ada dipasaran menggabungkan fungsi modem dan router menjadi satu
perangkat. Pada jaringan Speedy biasanya banyak yang menggunakan wireless ADSL
gateway sebut saja TP-link TD-W8960 atau sejenisnya yang mana juga memiliki
port Ethernet untuk computer berjumlah 4 baik 100Mbps atau yang Gigabit. Selain
itu juga memberikan layanan koneksi wifi lewat gelombang udara yang bisa
menghubungkan laptop dengan wifi adapter, dan beberapa jenis smartphone atau
tablet computer baik berbasis Android, Blackberry, iOS (Apple phone) maupun
Windows phone.
Beberapa macam masalah jaringan
Ada beberapa
situasi dimana anda mengalami gangguan koneksi internet yang mengharuskan anda
melakukan troubleshooting jaringan.
A> PC-A tidak bisa mengakses internet tapi
PC-B bisa
Dalam scenario ini,
PC-A mengalami gangguan tidak bisa koneksi ke internet, sementara PC-B tidak
bermasalah sama sekali. Ini bisa disimpulkan sebagai berikut:
- Layanan Internet dari ISP tidak ada gangguan
- Kemungkinan Switch atau port bermasalah
- Modem tidak bermasalah
Troubleshooting
masalah jaringan yang bisa anda lakukan adalah mencurigai ada masalah pada
adapter NIC komputer, port Switch bermasalah, atau kabel jaringan-A bermasalah.
a. NIC disabled
Pastikan bahwa
NIC adapter PC-A anda tidak di disable secara tidak sengaja. Anda bisa melihat
tanda icon local connection (gambar komputer kembar) dipojok kanan bawah layar
monitor anda. Jika biasanya anda bisa melihatnya sekarang anda tidak
melihatnya, anda patut mencurigai kalau NIC adapter anda dalam kondisi
disabled. Dalam XP/7 Masuk ke control panel: Klik Start > Control Panel >
double klik network connection > lihat apakah ada icon local connection
adapter anda dalam kondisi disable yang biasa ditandai dengan warna samar
abu-abu seperti dalam gambar 2 berikut.
Jika terlihat
samar abu-abu, klik kanan icon tersebut dan pilih Enable. Jika sukses, maka
anda bisa melihat lagi gambar komputer icon dipojok kanan bawah monitor anda.
Gunakan “ipconfig /all”
Anda juga bisa
melakukan testing dengan menggunakan command ‘ipconfig /all’ pada command line.
Masuk ke command line interface dengan menekan tombol ‘gambar windows’ dan
tombol ‘R’ secara bersamaan dan pada Run Command ketik CMD dan tekan Enter.
Atau anda bisa menggunakan klik Start > pilih Run > ketik ‘CMD’ dan tekan
Enter. Pada command interface ketik:
Ipconfig /all
Maka akan muncul
sederetan konfigurasi seperti pada pesan berikut ini:
Windows IP Configuration
Host Name . . . . . . . . . . . . : TOWER
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek
RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . :
00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . :
192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . :
255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . :
192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . :
202.134.1.10
Gunakan “ping localhost”
Atau anda juga
bisa menggunakan testing menggunakan command ‘ping localhost’ atau ‘ping
127.0.0.1’ yang berfungsi untuk memastikan konfigurasi
TCP/IP anda sempurna, lihat apakah anda mendapatkan respon bagus.
Jika anda mendapatkan RTO (request time out) maka bisa dipastikan bahwa
konfigurasi TCP/IP
anda tidak benar atau NIC adapter anda dalam kondisi disabled.
b. Switch Port Bermasalah
PC-A tidak bisa
mengakses ke internet bisa jadi karena port dimana PC-A tersebut terhubung
bermasalah alias mati. Pada umumnya sebuah Switch dilengkapi dengan lampu LED
yang mewakili masing-masing port. Jika port tersebut aktif / terhubung ke
komputer yang lagi On, maka lampu akan menyala alias berkedip cepat.
Periksa kabel
jaringan-A mengarah ke port nomor berapa (dalam hal ini port#1) dan lihat
apakah lampu LED port #1 berkedip cepat atau mati. Jika anda dapati lampunya
mati, coba terlebih dahulu melepas dan memasukkan lagi dengan kuat dikedua PC-A
dan juga di Switch dan lihat apakah ada respon. Jika masih tetap mati, maka
pindah kan kabel jaringan-A ke port yang masih kosong misal port#2 dan lihat
apakah ada respon. Jika port#2 ternyata hidup dan PC-A bisa konek ke internet,
maka anda bisa memastikan port#1 rusak. Tandai port#1 ini dengan tanda ‘tusak’
atau tutup dengan isolasi.
c. Cable Jaringan Bermasalah
Jika pada langkah
b diatas anda tidak berhasil, maka langkah berikutnya adalah memastikan bahwa
kabel anda bermasalah. Tukar kabel-A dengan kabel jaringan-B dari komputer B
dan lihat apakah ada reaksi dengan LED yang nyala dan PC-A bisa koneksi ke
internet. Jika ternyata bisa menyelesaikan masalah maka anda bisa memastikan
bahwa kabel jaringan-A bermasalah. Tandai kabel tersebut dengan ‘rusak’ dan
ganti dengan yang baru.
B> Semua PC tidak bisa Konek ke Internet
Jika anda
mendapati bahwa semua PC tidak bisa koneksi ke internet, kemungkinan anda
mempunyai masalah:
- Dengan Switch anda, atau
- Dengan modem-router anda, atau
- Kabel koneksi antara Switch dan modem, atau
- Masalah terletak pada ISP anda.
Jika anda
mendapati semua Switch dalam keadaan mati, patikan power terpasang dengan baik,
dan jika masih tidak mau On, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan
Swicth anda. Ganti dengan yang baru atau bawa ke bengkel elektronik.
Jika lampu power
dan semua port yang aktif (port#1 dan port#7 dalam scenario ini) ternyata On,
maka coba pastikan koneksi kabel jaringan antara Swicth dengan modem-router
terhubung dengan baik. Lepas dan masukkan lagi di kedua sisi ujung kabel di
Switch dan di sisi modem dan lihat apakah ada perubahan. Jika ternyata koneksi
internet bisa kembali normal, maka sambungan koneksi anda tidak sempurna.
Jika sambungan
koneksi anda bisa memastikan bagus, maka coba ganti kabel tersebut dan lihat
apa menyelesaikan masalah atau tidak. Jika berhasil, berarti kabel tersebut
bermasalah, tandai dengan tanda ‘rusak’.
Jika ternyata
masih bermasalah, maka anda bisa menelpon operator ISP anda kalau ada masalah
dengan layanan internet.
Tahapan
troubleshooting masalah jaringan ini umum digunakan untuk dirumahan walaupun
konsepnya bisa diaplikasikan pada jaringan kelas bisnis dan enterprise besar.
Sumber :
Baja Juga Masalah Teknik Trouble Shooting Jaringan Klik Disini
No comments:
Post a Comment