Layanan internet broadband dengan modem adsl
merupakan layanan yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer di
Indonesia, selain jarang mengalami gangguan, koneksi yang lebih stabil daripada
menggunakan wireless, kecepatan transfer data yang tinggi, juga harga yang
lebih murah, karena hanya perlu menambahkan modem adsl dan koneksi menggunakan
jalur telepon. Tapi tidak sedikit yang mengeluhkan layanan broadband karena
sering mengalami masalah, seperti seringnya koneksi terputus, koneksi yang
lambat, tidak stabil, dll. Apakah ada yang salah dengan layanan broadband yang
dipakai?
Berikut Beberapa Trouble Shootimg Modem ADSL
dan Solusinya
Trouble
|
Solusi
|
1.
Speedy tidak
konek tapi lampu ADSL nyala disebabkan LAN disable, TCP/IP salah, setingan
modem salah, modem hang.
|
Ping IP Modem dan Restart Modem, atau Setting
ulang modem
|
2.
Speedy tidak
konek dan lampu ADSL mati / ngeblink disebabkan redaman/ kualitas jaringan
kabel telpon jelek.
|
Sebisa mungkin tidak ada sambungan kabel
yang mengarah ke modem, cek kualitas kabel, kotak telpon, Jack RJ-11. Jika
ADSL masih mati, coba ganti modem atau hubungi petugas
|
3.
Adsl nyala,
speedy konek beberapa saat, kemudian tidak konek. Jika pc di restart speedy
konek lagi beberapa saat kemudian mati lagi. Atau jika modem nyala komputer
hang. Hal ini disebabkan pc anda terkena virus.
|
install ullang computer client yang
terinfeksi virus
|
4.
ADSL nyala,
speedy konek tapi sering diskonek. Silahkan ping dns speedy seperti diatas.
|
lapor ke 147 atau telkom terdekat.
Ganti dengan DNS yang lain. Alternative DNS
speedy
203.130.208.18
203.130.193.74
208.67.22..22
208.67.220.220
118.98.44.10
|
5.
Jika ping IP Modem normal, SNR dan Line
attenuation bagus, tapi ping pada DNS Speedy “Request time out
|
Besar
kemungkinan gangguan ada pada IP Speedy anda. Hal ini biasa terjadi pada
pelanggan speedy 1 MB keatas yang menggunakan IP Statis. Hal ini bisa terjadi
karena IP address speedy anda di hack oleh orang lain atau bisa juga memang
ganggaun dari server telkom. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini yaitu
dengan cara menggunakan nomor speedy tes / menggunakan nomor speedy lain pada
jalur telpon anda. (Maap, khusus kasus ini hanya bisa dilakukan oleh petugas
telkom sendiri).
|
Tambahan
Berikut adalah tabel untuk mengetahui apakah
nlai SNR Margin dan Line Attenuation anda bagus atau tidak.
Nilai
SNR Margin — Makin tinggi makin bagus koneksinya
——————————————————–
29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) • Koneksi stabil.
11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) • Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) • Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) • Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus²).
——————————————————–
——————————————————–
29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) • Koneksi stabil.
11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) • Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) • Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) • Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus²).
——————————————————–
Nilai
Line Attenuation — Makin rendah makin bagus koneksinya
———————————————————
00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) • Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
60,0 dB ~ ke atas = Bad (amburadul) • Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa connect, dsb).
———————————————————
———————————————————
00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) • Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
60,0 dB ~ ke atas = Bad (amburadul) • Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa connect, dsb).
———————————————————
Apabila
nilai SNR Margin dan Line Attenuation anda tidak bagus dan memang koneksi
internet anda juga sering putus atau bermasalah, maka segera laporkan ke help
desk ISP anda untuk mencari solusinya.
Sebenarnya banyak penyebab terjadinya gangguan internet broadband yang tidak bisa disebutkan satupersatu, tulisan ini adalah hal-hal yang pernah penulis alami, tetapi apabila ada permasalahan lain yang belum bisa dipecahkan silhakan share di sini. Insyaallah kita akan bahas bersama.
Sumber Refrensi
Share
No comments:
Post a Comment