VIDEO TUTORIAL MIKROTIK TOTAL 200 VIDEO + MODUL TRAINING + SCRIPT

Jadwal Training Mikrotik Bulan ini 11,12,13 Oktober (Basic-Mahir) 3 Hari

Jadwal Training Mikrotik Bulan ini  11,12,13 Oktober (Basic-Mahir) 3 Hari
Materi Utama : Konsep Jaringan, Setting Gateway, Bandwidth Management, DHCP Server, Static Mapping, Firewall, Scripting & Sheduler. Hotspot & User Manager, Membuat Sistem Voucher dan virtual AP, Mangle, Static Routing, VPN, Load Balancing & Fail Over. Konsep dan Praktek Point To Point dan Point To Multi Point.

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT Course, IT Tutorial, IT Solution, In House Training dan Online Training IT

Memahami dan Menganalisa Trouble Shooting Modem ADSL dan Solusinya


Layanan internet broadband dengan modem adsl merupakan layanan yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer di Indonesia, selain jarang mengalami gangguan, koneksi yang lebih stabil daripada menggunakan wireless, kecepatan transfer data yang tinggi, juga harga yang lebih murah, karena hanya perlu menambahkan modem adsl dan koneksi menggunakan jalur telepon. Tapi tidak sedikit yang mengeluhkan layanan broadband karena sering mengalami masalah, seperti seringnya koneksi terputus, koneksi yang lambat, tidak stabil, dll. Apakah ada yang salah dengan layanan broadband yang dipakai?


Berikut Beberapa Trouble Shootimg Modem ADSL dan Solusinya

Trouble
Solusi
1.       Speedy tidak konek tapi lampu ADSL nyala disebabkan LAN disable, TCP/IP salah, setingan modem salah, modem hang.
Ping IP Modem dan Restart Modem, atau Setting ulang modem
2.       Speedy tidak konek dan lampu ADSL mati / ngeblink disebabkan redaman/ kualitas jaringan kabel telpon jelek.
Sebisa mungkin tidak ada sambungan kabel yang mengarah ke modem, cek kualitas kabel, kotak telpon, Jack RJ-11. Jika ADSL masih mati, coba ganti modem atau hubungi petugas

3.       Adsl nyala, speedy konek beberapa saat, kemudian tidak konek. Jika pc di restart speedy konek lagi beberapa saat kemudian mati lagi. Atau jika modem nyala komputer hang. Hal ini disebabkan pc anda terkena virus.

install ullang computer client yang terinfeksi virus

4.       ADSL nyala, speedy konek tapi sering diskonek. Silahkan ping dns speedy seperti diatas.
lapor ke 147 atau telkom terdekat.
Ganti dengan DNS yang lain. Alternative DNS speedy
203.130.208.18
203.130.193.74

208.67.22..22
208.67.220.220

118.98.44.10

5.       Jika ping IP Modem normal, SNR dan Line attenuation bagus, tapi ping pada DNS Speedy “Request time out
Besar kemungkinan gangguan ada pada IP Speedy anda. Hal ini biasa terjadi pada pelanggan speedy 1 MB keatas yang menggunakan IP Statis. Hal ini bisa terjadi karena IP address speedy anda di hack oleh orang lain atau bisa juga memang ganggaun dari server telkom. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara menggunakan nomor speedy tes / menggunakan nomor speedy lain pada jalur telpon anda. (Maap, khusus kasus ini hanya bisa dilakukan oleh petugas telkom sendiri).

Tambahan



Berikut adalah tabel untuk mengetahui apakah nlai SNR Margin dan Line Attenuation anda bagus atau tidak.
Nilai SNR Margin — Makin tinggi makin bagus koneksinya
——————————————————–
29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) • Koneksi stabil.
11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) • Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) • Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) • Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus²).
——————————————————– 
Nilai Line Attenuation — Makin rendah makin bagus koneksinya
———————————————————
00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) • Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
60,0 dB ~ ke atas = Bad (amburadul) • Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa connect, dsb).
———————————————————
Apabila nilai SNR Margin dan Line Attenuation anda tidak bagus dan memang koneksi internet anda juga sering putus atau bermasalah, maka segera laporkan ke help desk ISP anda untuk mencari solusinya.

Sebenarnya banyak penyebab terjadinya gangguan internet broadband yang tidak bisa disebutkan satupersatu, tulisan ini adalah hal-hal yang pernah penulis alami, tetapi apabila ada permasalahan lain yang belum bisa dipecahkan silhakan share di sini. Insyaallah kita akan bahas bersama. 


Sumber Refrensi 



Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT

Jl. Ciuyah No.45 RT.05/RW.10 Bandung Barat 40551

Telp : 0812 8310 4119 (Telkomsel)
W.A : 081214518859 (WhatsApp)
Website : www.padepokanit.com
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution