Ketika
kita bekerja dengan rumus-rumus di excel terkadang file yang telah kita buat
akan di share ke orang lain, Maka untuk itu rumus tersebut perlu di sembunyikan (Hidden)
biar aman dan menjaga agar
data-data yang telah di formulasikan tidak dirubah oleh orang lain atau rumusnya dihapus sehingga mengakibatkan data error. Microsoft Excel telah menyediakan
fasilitas untuk menyembunyikan suatu formula atau rumus, sehingga orang lain
tidak akan tahu formula yang dituliskan. Berikut langkah-langkahnya :
1.
Buka Dokumen yang akan di sembunyikan rumusnya
seperti terlihat pada gambar dibawah ini
2.
Selanjutnya Klik cell
atau blok range yang yang Anda inginkan agar formulanya disembunyikan dalam
contoh diatas adalah cell E2 sampai cell E9.
3.
Kemudian klik Home
dan klik Format dan klik Format Cells atau dengan menekan Ctrl+1
pada keyboard.
Klik Home - Pilih Format - Format Cells |
4.
Selanjutnya muncul
kotak dialog Format Cell klik tab Protection dan klik Hidden
lalu OK.
5.
Selanjutnya untuk
Mengilangkan rumus, maka Anda harus melakukan proteksi sheet terlebih dahulu
dengan cara Klik Home, lalu klik Format dan klik Protect
Sheet.
6.
Maka akan muncul
kotak dialog Protect Sheet dan masukkan password, lalu klik OK. Selanjutnya
Masukkan kembali password yang Anda ketikkan pertama lalu OK.
7.
Sebagai hasilnya
maka Anda dapat melihat bahwa sekarang formula kolom Keterangan sudah
tidak terlihat lagi pada formula bar
Catatan : Untuk Menampilkan Kembali Rumus Gunakan Fasilitas Unprotect Sheet
Selamat Mencoba
Salam Padepokan IT
Course
IT. Training Center
& Solution
No comments:
Post a Comment