Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Memahami Ruang Lingkup Pekerjaan di Bidang IT Support Konsep Dan Teknis Bagian Kedua


A.    Detil Tugas dan Tanggung Jawab IT Support


Di artikel Bagian Pertama telah dibahas sekilas tentang pekerjaan di Bidang IT Support mulai dari konsep pekerjaan IT support, Pola Kerja, dan Gambaran Umum Job Description nya. Berikut akan dilulas beberapa Tugas yang dilakukan oleh seorang IT Support dan Kemampuan yang harus dikuasai Meliputi Hard Skill maupun Soft Skill.

1. Tugas Primer

Tugas ini seperti membuat jadwal maintenance, Monitoring Jaringan atau
perawatan hardware untuk tiap hari. Jika kita memiliki beberapa divisi di tempat kerja kita aturlah jadwal dengan menggunakan form yang kita buat sendiri.

* Division
·         Untuk tiap divisi atau bagian di kantor bisa mengatur Anti Virus agar bisa Update karena ini sangat penting terlebih yang menggunakan AntiVirus berbayar.
·         Setelah itu Software Update juga harus di perhatikan karena tiap komputer memliki tanggal update sendiri.
·         Jangan lupa Tinta Printer juga di awasi karena kita harus punya stok untuk tinta terlebih yang masih menggunakan printer tinta inject atau infus.
·         Jangan lupa untuk selalu cek kabel jaringan mulai dari RJ45, Kabel UTP masih bagus atau tidak, dan LAN Card juga di cek.
Tiap IT staf pasti harus bisa administrasi, karena ini juga tugas seorang IT support yang harus memiliki administrasi yang baik dan mudah di baca tentunya, jika atasan kita mulai bertanya tentang kegiatan kita atau jumlah PC (personal computer) yang rusak atau adakah laptop yang masih bisa di gunakan?,  maka kita sudah siap dengan data yang ada.


2. Tugas Sekunder

Adalah tugas saat kita dibutuhkan, ini adalah tugas mendadak, biasanya untuk aplikasi program di windows tidak bisa di buka atau error komputer atau juga printer yang macet, jadi tiap telp di ruangan kita berdering selalu siap dengan semua perlengkapan.
ü   Mengatasi Hardware & Software Trouble
Semua IT support paling sering berurusan dengan yang namanya hardware dan pasti tidak asing lagi, agar lebih mudah dalam mengatasi troubleshooting terutama komputer seperti program Aplikasi Crash, Sistem Operasi Rusak, dan Perangkat Rusak. Anda  bisa belajar tips dan trik troubleshooting sederhana untuk komputer.



ü  Mengatasi Trouble Shooting Jaringan
Pasti disetiap kantor sudah menggunakan jaringan untuk komunikasi data. Berdasarkan pengalaman saya dilapangan trouble shooting jaringan meliputi beberapa hal diantaranya
1.       Seputar Cabling & konektor RG45
2.       Lan Card Rusak, disable dan IP Address Conflic
3.       Koneksi Internet Putus
4.       Masalah Seputar Router, Switch, Access Point dan Perangkat Jaringan Lainnya
5.       Virus Jaringan

ü  Membuat SPMB (Surat Permintaan Barang)

Pengajuan Surat Permintaan Barang ini juga merupakan tugas seorang IT support selain Instalasi  hardware dan software kita juga harus siap dengan dokumen ini "permintaan barang". Bentuk surat permintaan barang ini sangat bervariasi, tergantung dari sistem perusahaan yang berjalan, dan semua berhubungan dengan Divisi Purchasing dan juga Akunting.

ü  Membuat Laporan Dan Dokumentasi


Untuk sebagian Staff IT membuat laporan dan dokumentasi untuk kegiatan harian adalah sangat tidak mungkin, karena hanya ada satu IT Support jadi saya membuat laporan bulanan, selama satu bulan saya membuat dokumen mengenai kerusakan, maintenance, dan juga stok dari perlengkapan IT untuk kantor atau perusahaan.

Untuk laporan harian ke manager bisa  dibuat manual desk untuk di tanda tangani, jadi dalam sehari Manager tahu kegiatan dan komplain yang berjalan, sedangkan laporan rincian lengkap saya berikan dalam satu bulan.

3. Manintenance Peripheral
Untuk beberapa perusahaan terdapat perlengkapan yang juga masuk kategori sebagai tugas IT Support diantaranya :

* CCTV
Sebenarnya CCTV atau kamera juga tugas IT Support untuk me-maintenance, karena berhubungan juga dengan IP Address.

* Projector
Kebanyakan kantor memiliiki ruang Meeting yang pasti ada perlengkapan elektronik seperti projektor dan juga webcam, di kantor saya terdapat webcam dan juga projektor untuk meeting dengan kantor cabang lain, jadi bisa meeting secara teleconference tanpa repot datang ke kantor pusat, tugas IT Support adalah memastikan keadaan dari projektor dan webcam tersebut berfungsi dengan baik.


* Pinger Print
Sudah semua Perusahaan Menerapkan Sistem Absensi Digital, artinya memerlukan mesin absensi Pinger Print. Dan biasanya tugas kita adalah mengecek kondisi fisik mesin tersebut, sekaligus penguasaan terhadap pengoperasiannya.


B.    Skill Teknis Yang Harus Dikuasai



Beberapa Skill Yang harus dikuasai oleh seorang IT Support
1.       Instalasi, Maintenance, dan Trouble Shooting Hardware dan Software ( PC, Sistem Operasi  dan Perangkat Peripheral)
2.       Menguasai Teknik-Teknik Instalasi Sistem Operasi (By Cd Room, Flashdisk, atau Network)
3.       Instalasi & Trouble Shooting Jaringan LAN & Internet termasuk Trouble Shooting Modem ADSL
4.       Penguasaan Crimping Cable Harus Mahir (Straight dan Cross)
5.       Mampu Membuat Layout Denah Jaringan, Tools bisa menggunakan Visio
6.       Mampu Memanage Sumber Daya Jaringan, File Sharing, Printer Sharing, Remote Desktop, dan Mapping Network Drive
7.       Mampu Setup Modem ADSL, Access Point, dan DVR untuk CCTV
8.       Mampu Setup Router (Minimal Bisa Mikrotik)
9.       Menguasai Beberapa Sistem Operasi (Minimal Windows & Linux di Level Client)
10.   Mengenal Windows Server, dan Linux Server Lebih bagus lagi pernah Pengalaman Menginstall dan Mengkonfigurasinya.
11.   Menguasai Administrasi dan Dokumentasi untuk Laporan
12.   Menguasai Blog untuk mendokumentasikan Seputar Trouble Shooting, minimal Blogspot
13.   Menguasai Berbagai Aplikasi Diantaranya :
ü  Penguasaan Aplikasi-Aplikasi Portable, Aplikasi Utility & Aplikasi Pendukung Office
ü  Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Power Point)
ü  Menguasai Aplikasi E-mail Client Outlook dan ThunderBird
ü  Menguasai Aplikasi Remote System seperti Ultra VNC, Team Viewer, dan remote Desktop.
ü  Menguasai Aplikasi Desain Minimal Photoshop dan CorelDraw
ü  Menguasai semua software antivirus dan mampu Mengatasi Semua Virus Komputer
ü  Menguasai Aplikasi Trouble Shooting PC seperti HirentBoot, Norton Ghost,  dll.
ü  Wajib Mempunyai Aplikasi Utility (Revo Uninstaller, Win To Flash, HirentBoot, DLC Boot, Easus Partition, Ultra ISO, WAN Driver, Sky Driver, Ultra VNC, Team Viewer, Magic Driver, Utility Anti Virus dan Spywhere Seperti Ramnit Killer, AVG Remover. Aplikasi Reseter Printer, ScanPST untuk outlook repair, Utitliy Jaringan, dan aplikasi lainnya)

14.   Mampu Mengatasi Trouble Shooting Printer
15.   Mampu Mengatasi Semua Trouble Shooting Sistem Operasi Windows Dan Aplikasi
16.   Mengerti Tentang Instalasi Database, Minimal bisa membuat Koneksi Database MySQL dengan Front End MySQL SQL seperti HeidySQL atau SQL Yog
17.   Menguasai Basic SQL Languange
18.   Menguasai Konsep TCP/IP Minimal IP address Komputer
19.   Menguasai CMS Minimal Wordpress.
20.   Manajemen Hosting & Penggunaan CPANEL, SPANEl
21.   Dapat dengan Cepat Menguasai penggunaan Produk-Produk Terbaru yang berkaitan dengan perangkat Peripheral.
22.   Dapat Transfer Knowledge Ke User (Bisa Melakukan Training)


C.     Sikap & Knowledge yang Harus Dilatih dan Dikuasai

Selain Mempunyai Skill yang disebutkan diatas seorang IT Support juga harus dibekali dengan kemampuan sikap dan knowledge dibawah ini:
1.       Mempunyai Mental Baja, dalam Menghadapi Karakter orang-orang
2.       Senantiasa Update ilmu, dan implementasikan, maksudnya adalah kemampuan menggunakan pengetahuan pada situasi baru, IT itu selalu berkembang, dan kita juga ngga bisa tinggal diam, seorang IT technical support harus selalu mengembangkan dirinya terhadap hal hal yang baru, metode metode yang baru, sistem yang baru, walaupun di dalam infrastruktur IT kita kita belum memiliki sistem tersebut, jawabanya adalah “Virtualisasi”.
3.       Disiplin Pribadi, segala sesuatu yang harus dikerjakan oleh seorang IT technical support seharusnya terjadwal dan tertata dengan baik.
4.       Menghormati semua user, Angota tim, dan atasan, meski tidak dibalas, hal ini merupakan bagian yang cukup sulit, terkadang kalau kita selesai membantu orang kita pasti berharap, ya , setidaknya tersenyum dan say “thanks!”, bagaimana kalau dia tetep jutek ?, ingat bukan itu inti dari semua ini karna, yang paling penting adalah persepsi user terhadap masalah dan itulah yang harus di jawab oleh seorang support.
5.       kemampuan dan mau berkomunikasi, hal ini juga sangat baik untuk kita pada saat kita mengidentifikasikan masalah yang ada oleh user, kita harus memiliki social engineering yang baik dengan jadi pendengar yang baik dan ramah, user akan lebih senang menceritakan masalahnya
6.       Sikap rendah hati, ini juga penting, karna jika kita merasa aji mumpung kita yang paling jago soal IT kita bisa semena mena, kalau kita berfikir orang lain tidak bisa bekerja tampa kita, hal itu sudah salah besar, karna itu akan mencerminkan bahwa IT technical support adalah pusat degradasinya performance kerja, karna yang harus kita lakukan hanyalah agar kita tidak sombong terhadap user, dan menghargai penjelasan user
7.       kemampuan berfikir logis dan kreatif, hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi seorang technical support karna setiap penjelasan memiliki jawaban teknis yang logis yang harus dijelaskan ke user dengan semudah mungkin untuk dipahami ketika user bertanya.
8.       cara kerja yang terperinci, yaitu dengan memperhatikan hal hal kecil yang ada di komputer, dan kita diharuskan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer, jadi pada saat kita melakukan troubleshoot kita melakukanya dengan step yang baik. dan akan mendapatkan hasil yang cepat dan analisis yang tepat
9.       Dedikasi dan komitmen menyelesaikan masalah, jangan pernah menyerah, karna kita harus mencari permasalahan sampai ke akar2 nya dan menyelesaikanya.
10.   berbagi pengetahuan dengan anggota tim, atasan, dan, user, dengan cara mengajari user dengan bahasa yang lebih mudah
11.   Minat akan teknologi, slalu ter update mengenai bidangnya ya dengan langganan majalah komputer ( minta bayarin kantor )
12.   Belajar dari pengalaman dan pelatihan, (The Experience Is The Best Teacher)

Bersambung Ke Bagian Tiga, Hal-HalYang perlu Di bangun, diperhatikan, Dan Dikembangkaon Oleh IT Support di Level Advanced

Lihat Bagian Pertama


Sumber Refrensi

http://www.troubleshootingkomputer.com,
http://www.myraffaell.com
ilmukomputer.com, dan Sumber-Sumber Lainnya





Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution