A. Detil Tugas dan Tanggung Jawab IT Support
Di artikel Bagian Pertama telah dibahas sekilas tentang
pekerjaan di Bidang IT Support mulai dari konsep pekerjaan IT support, Pola Kerja, dan Gambaran Umum Job Description nya. Berikut akan dilulas beberapa Tugas yang
dilakukan oleh seorang IT Support dan Kemampuan yang harus dikuasai Meliputi Hard Skill
maupun Soft Skill.
1. Tugas Primer
Tugas ini seperti membuat jadwal maintenance, Monitoring Jaringan atau perawatan hardware untuk tiap hari. Jika kita memiliki beberapa divisi di tempat kerja kita aturlah jadwal dengan menggunakan form yang kita buat sendiri.
* Division
·
Untuk tiap divisi
atau bagian di kantor bisa mengatur Anti Virus agar bisa Update karena ini
sangat penting terlebih yang menggunakan AntiVirus berbayar.
·
Setelah itu Software
Update juga harus di perhatikan karena tiap komputer memliki tanggal update
sendiri.
·
Jangan lupa Tinta
Printer juga di awasi karena kita harus punya stok untuk tinta terlebih yang
masih menggunakan printer tinta inject atau infus.
·
Jangan lupa untuk
selalu cek kabel jaringan mulai dari RJ45, Kabel UTP masih bagus atau tidak,
dan LAN Card juga di cek.
Tiap
IT staf pasti harus bisa administrasi, karena ini juga tugas seorang IT support
yang harus memiliki administrasi yang baik dan mudah di baca tentunya, jika
atasan kita mulai bertanya tentang kegiatan kita atau jumlah PC (personal
computer) yang rusak atau adakah laptop yang masih bisa di gunakan?,
maka kita sudah siap dengan data yang ada.
2. Tugas Sekunder
Adalah tugas saat kita dibutuhkan, ini adalah tugas mendadak, biasanya untuk aplikasi program di windows tidak bisa di buka atau error komputer atau juga printer yang macet, jadi tiap telp di ruangan kita berdering selalu siap dengan semua perlengkapan.
ü
Mengatasi Hardware & Software Trouble
Semua IT support paling sering
berurusan dengan yang namanya hardware dan pasti tidak asing lagi, agar lebih
mudah dalam mengatasi troubleshooting terutama komputer seperti program
Aplikasi Crash, Sistem Operasi Rusak, dan Perangkat Rusak. Anda bisa belajar tips dan
trik troubleshooting sederhana untuk komputer.
ü
Mengatasi Trouble Shooting Jaringan
Pasti disetiap kantor sudah menggunakan jaringan untuk komunikasi
data. Berdasarkan pengalaman saya dilapangan trouble shooting jaringan meliputi
beberapa hal diantaranya
1.
Seputar Cabling & konektor RG45
2.
Lan Card Rusak, disable dan IP Address Conflic
3.
Koneksi Internet Putus
4.
Masalah Seputar Router, Switch, Access Point
dan Perangkat Jaringan Lainnya
5.
Virus Jaringan
ü Membuat
SPMB (Surat Permintaan Barang)
Pengajuan Surat Permintaan Barang ini juga merupakan tugas seorang IT support selain Instalasi hardware dan
software kita juga harus siap dengan dokumen ini "permintaan barang".
Bentuk surat permintaan barang ini sangat bervariasi, tergantung dari sistem
perusahaan yang berjalan, dan semua berhubungan dengan Divisi Purchasing
dan juga Akunting.
ü Membuat
Laporan Dan Dokumentasi
Untuk sebagian Staff IT membuat laporan dan dokumentasi untuk kegiatan harian adalah sangat tidak mungkin, karena hanya ada satu IT Support jadi saya membuat laporan bulanan, selama satu bulan saya membuat dokumen mengenai kerusakan, maintenance, dan juga stok dari perlengkapan IT untuk kantor atau perusahaan.
Untuk laporan harian ke manager bisa dibuat manual desk untuk di tanda tangani, jadi dalam sehari Manager tahu kegiatan dan komplain yang berjalan, sedangkan laporan rincian lengkap saya berikan dalam satu bulan.
Untuk sebagian Staff IT membuat laporan dan dokumentasi untuk kegiatan harian adalah sangat tidak mungkin, karena hanya ada satu IT Support jadi saya membuat laporan bulanan, selama satu bulan saya membuat dokumen mengenai kerusakan, maintenance, dan juga stok dari perlengkapan IT untuk kantor atau perusahaan.
Untuk laporan harian ke manager bisa dibuat manual desk untuk di tanda tangani, jadi dalam sehari Manager tahu kegiatan dan komplain yang berjalan, sedangkan laporan rincian lengkap saya berikan dalam satu bulan.
3. Manintenance Peripheral
Untuk beberapa perusahaan terdapat
perlengkapan yang juga masuk kategori sebagai tugas IT Support diantaranya :
* CCTV
Sebenarnya CCTV atau kamera juga tugas IT Support untuk me-maintenance,
karena berhubungan juga dengan IP Address.
* Projector
* Projector
Kebanyakan kantor memiliiki ruang
Meeting yang pasti ada perlengkapan elektronik seperti projektor dan
juga webcam, di kantor saya terdapat webcam dan juga projektor untuk
meeting dengan kantor cabang lain, jadi bisa meeting secara teleconference
tanpa repot datang ke kantor pusat, tugas IT Support adalah memastikan keadaan
dari projektor dan webcam tersebut berfungsi dengan baik.
* Pinger Print
Sudah semua Perusahaan Menerapkan
Sistem Absensi Digital, artinya memerlukan mesin absensi Pinger Print. Dan biasanya
tugas kita adalah mengecek kondisi fisik mesin tersebut, sekaligus penguasaan
terhadap pengoperasiannya.
B. Skill Teknis Yang Harus Dikuasai
Beberapa
Skill Yang harus dikuasai oleh seorang IT Support
1.
Instalasi, Maintenance, dan Trouble Shooting Hardware
dan Software ( PC, Sistem Operasi dan
Perangkat Peripheral)
2.
Menguasai Teknik-Teknik Instalasi Sistem Operasi
(By Cd Room, Flashdisk, atau Network)
3.
Instalasi & Trouble Shooting Jaringan LAN
& Internet termasuk Trouble Shooting Modem ADSL
4.
Penguasaan Crimping Cable Harus Mahir (Straight
dan Cross)
5.
Mampu Membuat Layout Denah Jaringan, Tools bisa
menggunakan Visio
6.
Mampu Memanage Sumber Daya Jaringan, File
Sharing, Printer Sharing, Remote Desktop, dan Mapping Network Drive
7.
Mampu Setup Modem ADSL, Access Point, dan DVR
untuk CCTV
8.
Mampu Setup Router (Minimal Bisa Mikrotik)
9.
Menguasai Beberapa Sistem Operasi (Minimal
Windows & Linux di Level Client)
10.
Mengenal Windows Server, dan Linux Server Lebih
bagus lagi pernah Pengalaman Menginstall dan Mengkonfigurasinya.
11.
Menguasai Administrasi dan Dokumentasi untuk
Laporan
12.
Menguasai Blog untuk mendokumentasikan Seputar
Trouble Shooting, minimal Blogspot
13.
Menguasai Berbagai Aplikasi Diantaranya :
ü
Penguasaan Aplikasi-Aplikasi Portable, Aplikasi
Utility & Aplikasi Pendukung Office
ü
Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Power
Point)
ü
Menguasai Aplikasi E-mail Client Outlook dan
ThunderBird
ü
Menguasai Aplikasi Remote System seperti Ultra
VNC, Team Viewer, dan remote Desktop.
ü
Menguasai Aplikasi Desain Minimal Photoshop dan
CorelDraw
ü
Menguasai semua software antivirus dan mampu
Mengatasi Semua Virus Komputer
ü
Menguasai Aplikasi Trouble Shooting PC seperti
HirentBoot, Norton Ghost, dll.
ü
Wajib Mempunyai Aplikasi Utility (Revo
Uninstaller, Win To Flash, HirentBoot, DLC Boot, Easus Partition, Ultra ISO, WAN
Driver, Sky Driver, Ultra VNC, Team Viewer, Magic Driver, Utility Anti Virus
dan Spywhere Seperti Ramnit Killer, AVG Remover. Aplikasi Reseter Printer,
ScanPST untuk outlook repair, Utitliy Jaringan, dan aplikasi lainnya)
14.
Mampu Mengatasi Trouble Shooting Printer
15.
Mampu Mengatasi Semua Trouble Shooting Sistem
Operasi Windows Dan Aplikasi
16.
Mengerti Tentang Instalasi Database, Minimal
bisa membuat Koneksi Database MySQL dengan Front End MySQL SQL seperti HeidySQL
atau SQL Yog
17.
Menguasai Basic SQL Languange
18.
Menguasai Konsep TCP/IP Minimal IP address
Komputer
19.
Menguasai CMS Minimal Wordpress.
20.
Manajemen Hosting & Penggunaan CPANEL,
SPANEl
21.
Dapat dengan Cepat Menguasai penggunaan
Produk-Produk Terbaru yang berkaitan dengan perangkat Peripheral.
22.
Dapat Transfer Knowledge Ke User (Bisa Melakukan
Training)
C. Sikap & Knowledge yang Harus Dilatih dan Dikuasai
Selain Mempunyai Skill yang disebutkan
diatas seorang IT Support juga harus dibekali dengan kemampuan sikap dan knowledge
dibawah ini:
1.
Mempunyai Mental Baja, dalam Menghadapi Karakter
orang-orang
2.
Senantiasa Update ilmu, dan
implementasikan, maksudnya adalah kemampuan menggunakan
pengetahuan pada situasi baru, IT itu selalu berkembang, dan kita juga ngga
bisa tinggal diam, seorang IT technical support harus selalu mengembangkan
dirinya terhadap hal hal yang baru, metode metode yang baru, sistem yang baru,
walaupun di dalam infrastruktur IT kita kita belum memiliki sistem tersebut,
jawabanya adalah “Virtualisasi”.
3.
Disiplin Pribadi,
segala sesuatu yang harus dikerjakan oleh seorang IT technical support
seharusnya terjadwal dan tertata dengan baik.
4.
Menghormati semua user,
Angota tim, dan atasan, meski tidak dibalas, hal ini merupakan bagian yang
cukup sulit, terkadang kalau kita selesai membantu orang kita pasti berharap,
ya , setidaknya tersenyum dan say “thanks!”, bagaimana kalau dia tetep jutek ?,
ingat bukan itu inti dari semua ini karna, yang paling penting adalah persepsi
user terhadap masalah dan itulah yang harus di jawab oleh seorang support.
5.
kemampuan dan mau
berkomunikasi, hal ini juga sangat baik untuk kita pada saat
kita mengidentifikasikan masalah yang ada oleh user, kita harus memiliki social
engineering yang baik dengan jadi pendengar yang baik dan ramah, user akan
lebih senang menceritakan masalahnya
6.
Sikap rendah hati,
ini juga penting, karna jika kita merasa aji mumpung kita yang paling jago soal
IT kita bisa semena mena, kalau kita berfikir orang lain tidak bisa bekerja
tampa kita, hal itu sudah salah besar, karna itu akan mencerminkan bahwa IT
technical support adalah pusat degradasinya performance kerja, karna yang harus
kita lakukan hanyalah agar kita tidak sombong terhadap user, dan menghargai
penjelasan user
7.
kemampuan berfikir logis dan
kreatif, hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi seorang
technical support karna setiap penjelasan memiliki jawaban teknis yang logis
yang harus dijelaskan ke user dengan semudah mungkin untuk dipahami ketika user
bertanya.
8.
cara kerja yang terperinci,
yaitu dengan memperhatikan hal hal kecil yang ada di komputer, dan kita
diharuskan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer, jadi pada saat
kita melakukan troubleshoot kita melakukanya dengan step yang baik. dan akan
mendapatkan hasil yang cepat dan analisis yang tepat
9. Dedikasi dan komitmen
menyelesaikan masalah, jangan pernah menyerah, karna kita harus
mencari permasalahan sampai ke akar2 nya dan menyelesaikanya.
10.
berbagi pengetahuan dengan
anggota tim, atasan, dan, user, dengan cara mengajari user
dengan bahasa yang lebih mudah
11.
Minat akan teknologi,
slalu ter update mengenai bidangnya ya dengan langganan majalah komputer (
minta bayarin kantor )
12. Belajar dari pengalaman dan pelatihan,
(The Experience Is The Best Teacher)
Bersambung Ke Bagian Tiga, Hal-HalYang perlu Di bangun, diperhatikan, Dan Dikembangkaon Oleh IT Support di Level Advanced
Lihat Bagian Pertama
Sumber Refrensi
http://www.troubleshootingkomputer.com,
http://www.myraffaell.com
ilmukomputer.com, dan Sumber-Sumber Lainnya
http://www.myraffaell.com
ilmukomputer.com, dan Sumber-Sumber Lainnya
No comments:
Post a Comment