Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Memahami dan Explorasi Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik


Ada beberapa fitur Hotspot mikrotik yang perlu kita explore diantaranya Authentikasi & limitasi, Firewall, dan Advertising. Untuk Authentikasi dan limitasi sudah pernah dibahas di tutorial Manajemen User Hotspot dimana Untuk melakukan limitasi kecepatan akses (rate limit) user, bisa dikonfigurasi pada User Profile. User profile digunakan untuk melakukan Grouping User, Konfigurasi-konfigurasi umum untuk setiap user bisa dilakukan pada User Profile. Pengaturan kecepatan akses bisa diset pada parameter Rate Limit (rx/tx) Sehingga nanti setiap user yang menggunakan profile tersebut akan mendapatkan kecepatan akses maksimal untuk upload dan download. Tutorial kali ini membahas teknik IP Binding, Firewall dengan Walled Garden, Walled Garden IP List,  dan Penggunaan Advertising di mikrotik

A.     IP Binding

Dalam jaringan yang mengaplikasikan hotspot mikrotik, kita akan selalu dihadapkan dengan login page untuk otentifikasi username untuk menggunakan koneksi internet. Bagaimana jika Anda administratornya dan ga mao ribet sama login page yg keluar terus jika mao akses internet. berikut cara simple buat bypass mikrotik hotspot buat komputer admin.

Yang kita perlukan adalah MAC Address dan IP Address komputer anda jika anda adminnya.
1. Login ke winbox
2.  Masuk ke menu IP > Hotspot
3. Klik tab IP Binding
4. Klik ikon “+” buat nambahin address yg mao di binding. Atau bisa diisi dengan 0.0.0.0
5. Masukan IP Address, MAC Address dan Typed bindingnya ke bypass (liat gambar)
6. Klik OK

Bypass Login Mikrotik


Sekarang anda coba Lakukan Uji Coba dengan mengakses Web Browser

Selain Fasilitas Bypass IP Binding Juga mempunyai Fasilitas Blocking yaitu firewall untuk memblok akses internet. Pilih type IP binding yang dibutuhkan

B.      Walled Garden & Walled Garden IP List

Hotspot Walled Garden adalah sebuah system yang mengizinkan semua user yang tidak memiliki autentikasi untuk mengakses halaman website tertentu. tetapi ketika akan mengakses resource yang lain maka harus melakukan autentikasi. Sistem ini akan melakukan pengaturan pada level protokol HTTP and HTTPS.Secara umum walled garden mengacu pada sesuatu layanan yang bersifat khusus yang diberikan pada pelanggan. Di dalam hotspot mikrotik, hal ini ditujukan agar user bisa mengakses kontent atau website tertentu tanpa harus melalui proses authentifikasi/login.

Walled Garden digunakan agar khusus suatu Destinasiton Host akan diberikan akses gratis(tanpa Login), semisal dalam wilaya sekolah akan terpasang WiFi tetapi hanya Destinasi Host untuk *blogspot.com lah yang hanya diperbolehkan diakses. Maka berikut contohnya :

IP >> Hotspot >> Walled Garden >> Add >> Action=allow (diperbolehkan), Dst. Host=*blogspot.com
Lebih Jelas Lihat Gambar dibawah ini


 
KONFIGURASI WALLED GARDEN
UNTUK MENGIZINKAN HANYA  URL BLOGSPOT SAJA YANG  BISA DI AKSES




Walled Garden IP List

Hotspot Walled garden list adalah daftar ip alamat website tertentu yang mendapatkan konfigurasi authentication. Dimana Walled garden ip-list mampu melakukan bypass terhadap resource yang lebih spesifik pada protocol dan port tertentu. Biasanya digunakan untuk melakukan bypass terhadap server local yang tidak memerlukan autentikasi

Implementasi

Contoh 1
Sebagai contoh disini akan memperbolehkan akses winbox sebelum Login.

IP >> Hotspot >> Walled Garden IP List >> Add >> Action=accept(diterima/diperbolehkan), protocol tcp(karena port-port memakai protocol tcp/ip), Dst. Port=8291(port winbox)




Contoh ke 2 

Implementasi di lapangan. misal terdapat sebuah server pada jaringan lokal. Secara default,  client hotspot harus login untuk mengakses. Anda bisa memanfaatkan Walled Garden IP List  agar jika client ingin melakukan akses ke server tersebut tidak perlu repot melakukan login. Sedangkan jika client hotspot melakukan akses ke tujuan lain (misal website tertentu) maka harus login terlebih dahulu. 




C.      Advertising

Ketika kita sudah membangun jaringan hotspot menggunakan mikrotik, kita bisa memiliki kesempatan yang sangat besar untuk melakukan “advertise” atau “beriklan” melalui jaringan hotspot tersebut. Fitur pada mikrotik ini memungkinkan hotspot menampilkan iklan saat user melakukan akses ke jaringan hotspot selanjutnya  Kita bisa lakukan setting interval kapan iklan itu akan muncul, Dengan fitur advertise kita bisa sekaligus melakukan promosi. 

Syaratnya, halaman yang akan ditampilkan sebagai iklan harus berupa halaman web. Penambahan username dan password untuk authentikasi user bisa dikonfigurasi pada menu /ip hotspot user.
Ada 2 kesempatan untuk beriklan
  1. login screen, halaman ini juga bisa kita manfaatkan untuk iklan, selain berisi form username dan password kita bisa buat iklan di kanan, kiri atau di bawah form login. Kita dapat memaksa user untuk melihat iklan dengan cara membatasi “session”, misalnya hotspot kita paksa disconnect per 1 jam, otomatis user akan melihat iklan kita setiap harus “relogin”. Model ini tentunya hanya cocok untuk hotspot gratis, kalau customer berbayar kita paksa relogin per 1 jam tentu akan marah.
  2. Melalui menu Advertise pada HOTSPOT USER PROFILE. Cara ini juga memungkinkan kita beriklan melalui jaringan hotspot. Iklan yang tampil berupa “pop up” / “open new tab” / “membuka tab baru” / “membuka new window”. Tentunya dengan model ini ada sedikit kekurangan juga, karena rata-rata orang menggukan pop up blocker. Kalau pop up blockernya canggih iklan ini tidak tampil. Hari ini saya test di Chrome iklan tidak tampil, tapi di Mozilla lebih sering tampil.

Cara Kerja Advertise di Mikrotik

Settingan advertise bisa juga digunakan oleh user yang memiliki autentikasi untuk dapat menampilkan advertise (iklan) dalam bentuk popup windows. Advertisement ini diaktifkan oleh network administrator denganmensetting system secara automatis untuk membuka status page. Bahkan advertise ini tetap akan muncul meskipun user tersebut login dengan menggunakan mac address. Dan akan melihat advertisement tersebut dalam interval waktu tertentu sesuai dengan yang disetting. Jadi ketika saatnya popup advertisement muncul, maka server akan mengarahkan web browser client ke status page dan status page akan menampilkan advertise yang kita buat.

Catatan :  menggunakan metode advertise di hotspot user profile membutuhkan “transparent proxy”, kita harus centrang “transparent proxy” pada tab general.


Gambar di bawah ini akan memberikan gambaran Setting Advertising

SETTING ADVERTISING


Contoh Penggunaan dua Advertise (Iklan)
Langkanya :
– Buat advertisement yang akan mengarah ke
http://www.BeningNET.com
http://www.azepdyze.web.id
– (atau bisa ditambahkan halaman lain yang akan anda advertise)

KONFIGURASI TERLIHAT PADA GAMBAR DIBAWAH INI

SETTING DUA URL ADVERTISING


Sumber Refrensi:
Adamonline.web.id,  http://asrofi.web.id/, azepdyze.wordpress.com, nandakpli.blogspot.com


Selamat Mencoba

Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution