A. Deskripsi Pekerjaan IT Support
IT Support merupakan sebuah
pekerjaan yang memberikan jasa atau layanan berupa instalasi software, hardware
maupun maintenance (perawatan) kepada klien/pelanggannya. Pekerjaan IT Support
atau tugas dari seorang IT Support lebih dititikberatkan pada kondisi
jaringan dan perangkat IT secara fisik. Mempunyai keahlian di bidang IT Support
sekarang ini cukup menjanjikan, mengapa saya katakan seperti itu? Dengan
berkembangnya internet bahkan sampai ke pelosok desa, tentunya dibutuhkan orang
yang bisa merawat atau memaintaincenya. Belum lagi dengan
banyaknya perusahaan hosting ataupun penyedia jasa layanan IT support di
Indonesia, tentunya semakin menambah peluang terbukanya kesempatan untuk
menempati posisi pekerjaan ini. Berdirinya banyak perusahaan/layanan di bidang
IT tentunya membutuhkan banyak technical support atau dukungan teknis untuk
membantu dan melayani pelanggan (klien) mengatasi masalah-masalah yang sering
terjadi, baik itu konfigurasi, pemakaian maupun troubleshooting. Untuk
mengatasi setiap masalah yang terjadi pada pelanggan/klien. Gambar Berikut Menjelaskan Pola Kerja Seorang IT Support
SKEMA POLA KERJA IT SUPPORT |
Bagaimana cara
menjadi technicall support yang handal, dalam sebuah perusahaan yang berskala
menengah ke bawah ?Seperti yang kita tahu, perusahaan skala menengah minim akan
budget IT, namun banyak juga perusahaan besar yang tidak menerapkan
Infrastruktur IT nya dengan baik, sebagai teknikal support mungkin kira slalu
merasa bingung, tidak ada masa depan, seperti tukang servis, dan kalimat lainya
yang membuat kita jadi tidak bersemangat untuk bekerja dan berkarir melalui
jalur tersebut.
Jika sekarang dalam situasinya kita menjadi seorang support onsite, pada sebuah perusahaan, sanggupkah kita menjawab semua ini:
1.sanggup kah kita menghandle 100PC lebih ?sanggpukah kita memaintain keseluruhanya ?
2.sanggupkah kita memaintain server dan aplikasinya ?
3.jika kita
bekerja sendiri atau maksimal 2 orang ?
kalau saya yang di berikan pernyataan seperti itu, saya akan bilang sanggup, karena saya mengikuti model infrastruktur IT seperti yang ada di bawah ini, dengan model ini diharapkan seorang teknikal support akan lepas dari rutinitas nya, dan bisa lebih bereksplorasi untuk memajukan sistem IT perusahaan, tampa harus terikat dengan rutinitas,dan meluangkan banyak waktu. Selain itu ternyata untuk menjadi technicall support ini tidaklah gampang yang orang kira, selain butuh pengetahuan perangkat komputer, kita juga butuh mental baja, untuk menghadapi orang orang yang terkadang menyulitkan, selain itu kita tidak bisa kerja 1 per satu, selalu saja ada intrupsi nya, jadi butuh kesabaran yang tinggi untuk menjadi seorang IT Helpdesk atau IT Technical Support. , setiap perusahaan pastinya membagi tugas masing-masing IT Support. Sesuai dengan keahlian dan tingkatannya, biasanya tingkatan dalam dunia kerja IT Support atau layanan support itu terbagai atas tiga level pada sebuah perusahaan.
B Level IT Support
1.
IT Support Level 1
Pada tingkatan pertama ini, biasanya bertugas menerima telepon
dari klien, membalas email atau chatting seputar masalah yang dihadapi oleh
klien atau pelanggan. Posisi level 1 ini bisa disebut juga Customer
Support ataupun IT Helpdesk yang bertugas mengarahkan klien untuk
memecahkan permasalahannya seperti mengumpulkan informasi pelanggan dan
menganalisa permasalahan untuk mencari tahu dasar masalah yang terjadi pada
klien. IT Support level 1 ini biasanya memiliki pengetahuan umum tentang
masalah yang dihadapi oleh klien seperti konfigurasi standar dan instalasi.
Jika masalah klien belum bisa diselesaikan oleh Level 1 biasanya akan
ditindaklanjuti oleh level 2, berdasarkan informasi-informasi yang telah
dikumpulkan IT Support level 1.
2.
IT Support Level 2
IT Support pada level kedua biasa disebut juga Technical
Support. Untuk bekerja pada level ini diharuskan Anda memiliki
pengetahuan dalam penanganan teknis. Seperti pemantauan performa server, mampu
menangani downtime server, troubleshooting, hingga melakukan remote hosting
client untuk penanganan lebih dalam.
3.
IT Support Level 3
Level ketiga lebih dikenal dengan nama Advanced Support. Untuk
berada posisi ini, Anda diharuskan menguasai(memiliki) kemampuan konfigurasi
ulang, instalasi ulang, dan merancang program tambahan, dengan tetap
mempertahankan integritas data di server. Level III bekerja untuk
memberikan solusi untuk masalah-masalah baru, yang tidak bisa dipecahkan oleh
level II.
Berikut
Gambaran Umum Tanggung Jawab Seorang IT Support di sebuah Perusahaan:
1. Memastikan bahwa semua software yang telah
terinstal dan bekerja dengan benar
2. Monitoring PC Client & Jaringan Komputer
LAN serta Internet
3. Menguji semua perangkat lunak yang disetujui
oleh manajemen
4. Melakukan maintenance software secara berkala
5. Periksa semua interkoneksi system Perusahaan
dan memastikan bahwa semua PC interkoneksi bekerja dengan baik
6. Menentukan software apa saja yang terinstal di
suatu workstation
7. Menjaga up to date software pada suatu PC
8. Melakukan tugas terkait dan proyek khusus yang
ditugaskan
9. Kontribusi terhadap kegiatan perusahaan
seperti yang diarahkan
10. Selalu up to date mengenai perkembangan
software dan cyber
11. Membantu
melakukan pengecekan dan menjaga software-software yang terpasang di komputer,
termasuk jaringan (LAN) dan server sehingga dapat berjalan dengan sempurna.Inventarisasi semua software yang terkait
dengan lisensi dan garansi
12.
Membuat laporan
secara harian dan bulanan mengenai job desc terkait, dan lebih baik dibuatkan log
book trouble shooting user
13. Menjalani action plan IT yang telah dibuat
14. Melakukan
analisa dan proses perbaikan dan update data database.
15. Membantu
menyiapkan proses pengajuan pengadaan hardware dan atau software
16. Korespondensi
dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia
jasa Hosting, hardware, dan software supplier, dll
Sumber Refrensi : Dari Berbagai Sumber
No comments:
Post a Comment