Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Review Bandwidth Management Mikrotik

Dimateri Sebelumnya telah dibahas tentang Bandwidth Management mulai dari konsep pengertian dan teknik yang digunakan. Bandwidth Merupakan  cakupan luas atau lebar frekuensi yang digunakan oleh sinyal pada media transmisi. Teknik yang digunakan bisa menggunakan Metode simple Queue atau Queue Tree serta Konsep Mangle di mikrotik.  Berikut Review  Penjelasan Singkat Tentang Bandwidth Management.

Source Image : pixtastock.com


Bandwidth Management adalah implementasi antrian, sehingga fungsi ini dikenal dengan nama Queue. Terdapat dua jenis Queeu Yang Bisa digunakan yaitu Simple Queue dan queue Tree
Simple Queue : Implementasi termudah melakukan bandwith management, dengan menu dan konfigurasi yang sederhana. –
Queue Tree : Implementasi bandwidth management yang lebih kompleks dan lebih fleksible untuk kondisi tertentu.
Disarankan untuk memilih salah satu metode supaya proses Bandwidth Management supaya tidak terjadi tumpang tindih Bandwidth Management.

Kesimpulan Bandwidth Management

Terdapat perbedaan lokasi antrian yang digunakan simple queue maupun queue tree. Keduanya sama-sama memanfaatkan Memory RAM di router sebagai buffer penampungan antrian paket data. Posisi bandwidth management berada di tengan antara jaringan LAN & WAN. Berikut  kesimpulan Bandwidth Management dilihat dari sisioPerbedaannya adalah sebagai berikut
1.       Urutan rule di simple queue dibaca urut dari atas ke bawah dan rule paling atas menjadi prioritas, sedangkan Queue Tree bersifaf *PCQ* artinya pemrosesan Bandwidh tidak terpengaruh urutan Rule
2.       Simple Queue Tidak memerlukan Mangle, sedangkan Queue Tree Wajib menggunakan Mangle
3.       Bandwidth Manajemen dengan Queue Tree dirasakan lebih baik dikarenakan Fitur limit bandwidth di mikrotik Simple Queue tidak bisa mengalokasikan bandwith kusus buat icmp sehingga apabila pemakaian bandwith di client sudah full maka ping time nya akan naik dan bahkan rto( request time out).
4.       Sebelum Melakukan Management Bandwidth Terlebih dahulu ketahui total bandwidth yang didapat dari ISP, kemudian ketahui jumlah client yang akan memakai bandwidth.

5.       Lebih Jelas tentang Perbedaan Bandwidth Management Simple Queue dan Queue Tree bisa dilihat dibawah ini




Analogi Bandwidth Management

 Bandwidth sering dianalogikan dengan lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat maka lalu lintas akan semakin lancar. Kebalikannya, jika kendaraan yang lewat banyak maka lalu lintas di jalan tersebut akan tersendat sehingga akan mempengaruhi aktivitas kendaraan lain.


Semakin besar jalan (bandwidth) maka akan semakin banyak pula kendaraan yang dapat melaluinya. Maka tidak salah jika bandwidth menjadi pertimbangan pengguna jaringan internet. Dikarenakan semakin besar bandwidth maka semakin cepat pertukaran data yang terjadi dan semakin banyak data yang dapat melaluinya dalam satu waktu.


 Atau Bisa Adianalogikan Seperti Kran Air, Semakin BESAR Diameter Pipa Air (Bandwidth) Semakin Cepat dan Banyak Air Yang Dapat Dialirkan Dalam Satu Waktu (Debit Air). Pada Dasarnya, Debit Air Yang Maksimal Dapat Mengalir Dari Penyimpan Air Ke Titik Akhir Jalur Pipa Air. Semakin Banyak kRAN Yang Dibuka (Misal Kran Wastafel Dibuka, Kran Dapur Juga Dibuka) Maka Debit Air Yang Akan Dapat Mengalir Di Bak Kamar Mandi Akan Semakin Kecil.


Untuk Memahami Skenario dan Implementasi Setting Bandwidth Tutorialnya Disni










SALAM PADEPOKAN IT



Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution