Pada tutorial kali ini akan dibahas bagaimana melakukan
riset keyword atau kata kunci
menggunakan google trends. dimana hasil akhirnya penulis akan membuat suatu blog yang bertema panduan wisata dibandung mendapatkan traffic yang bagus. Google Trends adalah fasilitas yang dimiliki oleh
Google mengenai Topik, konten dan pencarian yang sedang trend atau hot di
internet. Google trends menunjukkan apa yang paling sering dicari oleh pengguna
internet di dunia selain menjadi sumber terpercaya untuk mengetahui apa yang
sedang hot saat ini di dunia internet.
Fungsi dan manfaat Google
Trends
1. Fungsi utamanya adalah untuk menunjukkan popularitas keyword atau
kata kunci pencarian pada Google Search Engine dari pengguna Google di seluruh
dunia.
2. Dimanfaatkan untuk mencari trafik yang benar-benar
ampuh karena kita bisa mengacu berdasarkan trend yang hot di internet sebagai
bahan posting blog. terutama untuk blog yang sudah established yang didukung
dengan link popularity, sehingga posting yang dibuat mampu naik di jajaran atas hasil pencarian
atas topic yang sedang ngetrend.
3. Dengan Google Trends memungkinkan sobat untuk
bisa membandingkan volume pencarian antara dua atau lebih keyword atau obyek.
Perbandingan tersebut ditampilkan dalam suatu grafik yang sangat mudah
dipahami.
Penggunaan Google Trends untuk riset kata kunci
Untuk melakukan riset keyword
dengan Google Trends langkahnya adalah sebagai berikut
1.
Buka Situs Google Trends. https://www.google.co.id/trends/
2.
Selanjutnya pada kolom search tentukan topik
atau kata kunci yang akan dicari, dan dibandingkan
MEMULAI RISET KATA KUNCI WISATA BANDUNG |
3.
Hasilnya anda bisa lihat akan muncul grafik
perkembangannya tentang topik tadi
TAMPILAN GRAFIK PERKEMBANGAN MULAI 2004 - SEKARANG |
Keterangan
1.
Pada pilihan,
pilih indonesia artinya kita akan mencari kata kunci populer untuk wilayah indonesia,
anda juga bisa mencobanya untuk negara yang lain,
2.
Past 12 months,
maksudnya kita akan menampilkan kata kunci terpopuler selama 12 bulan atau satu
tahun terakhir, anda juga bisa mencoba memilih 7 hari terakhir, 1 bulan
terakhir atau tahun tertentu.
3.
Semua Kategori,
ini adalah pilihan kategory, artinya kita akan menampilkan kata kunci
terpopuler untuk kategory tersebut, anda juga bisa mencoba untuk memilih
kategory yang lain.
4.
Pada Penelusuran Web,
artinya bahwa kata kunci yang ditampilkan berdasarkan popularitas web search,
tentu saja jika kita pilih web search dalam hal ini adalah mesin pencari
google, anda juga bisa mencoba pilahan yang lain untuk kasus ini,
5.
Tambahkan Istilah,
silahkan tekan tombol "+Tambahkan Istilah", kemudian pada kotak isian
yang muncul kita masukan topik yang lain kemudian tekan enter, sampai
tahap ini google trends akan menampilkan informasi kata kunci dengan
tingkat popularitasnya yang sangat erat kaitannya dengan kata yang yang kita masukan tersebut.
Sehingga Setelah dilakukan filtering /
pemilihan hasilnya seperti berikut
GRAFIK PERKEMBANGAN 12 BULAN TERAKHIR DENGAN KATEGORI NEGARA INDONESIA |
4.
Selanjutnya Scroll Kebawah dan lihat pada
kategori minat dan kawasan. Informasi ini menunjukan wilayah yang memiliki
pencarian terbanyak menggunakan kata kunci yang kita masukan pada tahap 3
diatas, coba kita bisa scroll ke bawah dan bisa kita amati mengenai reginal
interest dari kata kunci "wisata" yang kita masukan tersebut seperti
gambar berikut:
POPULARITAS BERDASARKAN WILAYAH |
5.
Selanjutnya Scroll Ke bawah lagi dan lihat menu
popularitas, menu ini menampilkan nformasi kata kunci terpopuler yang paling
banyak dicari orang dan kata kunci yang sedang naik daun yang berkaitan
dengan topik yang kita masukan pada tahap #1 untuk no 6 diatas ( topik kata
"wisata bandung"), informasi yang ditampilkan disesuaikan dengan
pengaturan kriteria pencarian pada tahap #1 tersebut. yaitu negara indonesia,
periode 12 bulan terakhir, semua kategori dan alat pencarian adalah Web Search
google. Hasilnya sbb
POPULARITAS TERATAS DAN NAIK DAUN |
Keterangan
1.
Teratas,
adalah kata kunci yang paling populer, nilai 100 menandakan kata kunci tersebut
memiliki tingkat popularitas paling tinggi, untuk melihat kata kunci populer
lainnya yang berkaitan kata dengan kata kunci pada Group Top ini, anda bisa
klik tepat pada kata kunci yang ditampilkan tersebut, seperti terlihat pada
gambar diatas, terdapat kata "wisata di
bandung" dengan nilai popularitas paling tinggi (100). coba anda
klik tepat pada kata tersebut untuk mendapatkan kata kunci populer lainnya yang
berkaitan dengan kata "cara membuat" tersebut, google trends akan
menampilkan kata kunci populer berikutnya yang berkaitan dengan kata yang kita
klik tersebut begitu seterusnya.
2.
Naik daun,
adalah informasi mengenai kata kunci yang sedang naik daun, tingkat rising
biasanya di ukur dengan nilai persentase, seperti kita lihat diatas, jika ada
kata breakout berarti nilai rising tersebut
lebih dari 5.000%, nilai rising biasanya dibandingkan dengan nilai pada
periode sebelumnya. jika kriteria periode yang kita pilih 12 Bulan terakhir
maka nilai rising akan dibandingkan dengan 2014, untuk judul artikel sebaiknya
kita mendapatkan kata kunci paling populer yang memiliki tingkat persentase
yang paling tinggi, atau jika ada gunakan saja kata kunci dengan nilai rising breakout.
6.
Dari data diatas menunjukan kata kunci wisata
bandung merupakan keyword yang sering dicari dan kata kunci dengan tebing
keraton sedang naik daun. Jadi kita bisa mengambil kata kunci tersebut untuk dikumpulkan
menjadi kumpulan kata kunci yang nantinya dimasukan ke blog, social media, atau tools internet marketing yang lainnya. selanjutnya Research kata kunci yang lain.
Selamat Mencoba
Sumber Refrensi :
PADEPOKAN IT COURSES
IT Tutorial, Training Center & IT Solution
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete