Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Mengenal dan Memahami Jenis server dan Fungsinya


Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client. Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server ; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.

Contoh sistem operasi server dari windows adalah  Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000 Server dan Windows Server 2003,2008, dan 2012. kemudian Sun Solaris, Unix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll
Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.

Jenis-Jenis server
1. Web Server – Berfungsi Menyediakan konten ke web browser,  Web Server berkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).Sebuah server web menerima HTTP (hypertext transfer protocol) permintaan dari klien dan mengembalikan dokumen HTML yang sesuai. map web server URL yang diberikan oleh klien untuk dokumen tertentu atau program terletak di server. webserver adalah jenis server yang diakses melalui web browser. Server web yang paling populer adalah Apache Web Server dan Microsoft IIS (Internet Information Services).
2.    Server Multimedia – adalah software aplikasi yang dirancang untuk streaming file audio dan visual melalui Internet. Streaming server bekerja dengan terus-menerus menyediakan media audio dan visual dalam cara media dapat dimainkan secara real time tanpa benar-benar men-download file. Contoh website menggunakan server media streaming YouTube, Pandora dan Last.fm. Streaming aplikasi server media termasuk icecast2, Darwin dan Windows Media Server.
3.    File server – Dengan file server, komputer klien Jaringan melewati permintaan untuk komputer jaringan file atau catatan file melalui jaringan komputer ke file server. Bentuk layanan data jaringan komputer membutuhkan bandwidth yang besar dan dapat memperlambat jaringan komputer dengan banyak pengguna. LAN (jaringan area lokal) computing memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya, seperti file data dan perangkat periferal, dengan memindahkan data dari PCUs mandiri ke sebuah Jaringan File Server (NFS)
4.   Database server - Dalam database server, klien melewati SQL (Structured Query Language) sebagai pesan permintaan ke server dan hasil query dikembalikan melalui jaringan. Kode yang memproses permintaan SQL dan data berada pada server yang memungkinkan untuk menggunakan kekuatan pemrosesan sendiri untuk menemukan data yang diminta.
5.       Real Time Communication Server – Real Time Komunikasi server termasuk server chatting, IRC server, server instant messaging dan server video messaging. Mereka dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real time melalui Internet. Obrolan server memungkinkan beberapa pengguna untuk berkomunikasi melalui satu sesi. IRC (Internet Relay Chat) server adalah kumpulan jaringan yang beberapa pengguna dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan IRC. Server pesan instan yang dirancang untuk memungkinkan dua orang untuk berkomunikasi secara real time. Server video messaging bekerja seperti server pesan instan, sementara memungkinkan video untuk dikirim secara real time.
6.     Mail server digunakan untuk menerima email dari pengguna lokal dan mengirim email ke pengguna lain melalui Internet. Mail server menggunakan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) atau ESMTP (diperpanjang SMTP) untuk mengirim email dan baik POP 3 (Post Office Protocol 3) atau IMAP (Internet Message Access Protocol) untuk menerima email. Mail dapat didownload dari Internet ke dalam program email seperti Outlook atau Evolution, atau dapat diakses langsung on line dengan situs seperti Gmail atau Hotmail.
7.    Proxy Server, Proxy Server bertindak sebagai mediator antara client dan server diluar jaringan untuk menyaring/membatasi permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan sharing.
8.    Virtual Server, Virtual server adalah metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seolah-olah ada beberapa server.
9.       FTP Server yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain melalui Internet. FTP server memungkinkan untuk otentikasi, kebijakan transfer file pengguna dan aktivitas penebangan. FTP server diakses oleh klien ftp yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan file antara komputer server dan komputer client. Perangkat lunak klien dapat menjadi aplikasi grafis atau, lebih tradisional, aplikasi baris perintah. Perangkat lunak server FTP termasuk vsftp, Antipeluru FTP, dan SurgeFTP. Semua sistem operasi memiliki baris perintah FTP client tersedia. Graphical FTP klien termasuk FileZilla dan SmartFTP.
10.   Transaksi Server, Transaksi server - Klien memanggil prosedur remote yang berada pada server yang juga berisi mesin database SQL. Ada pernyataan prosedural pada server untuk mengeksekusi sekelompok pernyataan SQL (transaksi) yang baik semua berhasil atau gagal sebagai unit. Aplikasi berbasis server transaksi disebut On-line Transaction Processing (OLTP) dan cenderung aplikasi mission-critical yang membutuhkan 1-3 waktu respon kedua, 100% dari waktu dan memerlukan kontrol ketat atas keamanan dan integritas database .

Sumber :
http://pacarita.com/jenis-server-dan-fungsi-server.html
http://www.transiskom.com/2012/09/pengertian-dan-jenis-server.html


Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution