Mail merge adalah salah satu fasilitas
yang disediakan oleh Ms.word untuk mempermudah pekerjaan kita dalam membuat
surat atau sertifikat yang isinya sama tetapi tujuannya berbeda. Hanya saja ada
sedikit perbedaan dalam proses pembuatannya pada Ms.word 2007 dengan versi
sebelumnya, walaupun prinsipnya sama yaitu dengan membuat “Dokumen master” atau “Main
document” yaitu dokumen yang berisi surat tersebut yang isinya sama, dan
yang kedua membuat “data source” yaitu daftar yang bersi data (seperti :nama,
alamat atau tempat tanggal lahir) yang
kemudian kita gabungkan sehingga menjadi dokumen yang kita inginkan.
Ada 2 dokumen
yang digunakan dalam membuat mail merge, yaitu:
- Dokumen Master, dokumen utama yang isinya sama untuk semua penerima.
- Data Source (Sumber Data), yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
Berikut adalah
langkah-langkah pembuatan dokumen massal pada Ms.word 2007
1. Membuat
“Dokumen master” atau “Main dokumen”, sebagai contoh kita akan
membuat sertifikatpelatihan dengan data soruce berisi nama, alamat, kota, dan
program pelatihan yang di ikuti, setelah selesai membuat dokumen master maka kita akan melanjutkan pada langkah kedua,
2.
Membuat
Data Source
Berikut adalah
cara-cara membuat data source pada ms. Word 2007
a. Klik
menu mailings pada toolbar atas,
kemudian pilih start mail merge,
setelah itu pilih select recipients.
Pada menu ini terdapat tiga pilihan, yaitu :
§ Type New List, pilihan ini jika kita
ingin membuat data source yang baru;
§ Use Existing List, pilihan ini jika
kita ingin menggunakan data source yang ada;
§ Select from outlook contacts, pilihan
ini jika kita ingin menggunakan data source
yang berasal dari alamat outlook.
Karena kita akan
membuat data source yang baru, maka kita pilih pilihan pertama yaitu
“Type New List”
“Type New List”
b. Setelah
itu akan muncul kotak “New address list”,
nah pada kotak inilah kita bisa mengisikan data-data yang akan kita gabungkan
dalam dokumen master yang kita buat sebelumnya.
Apabila
field yang disediakan oleh Ms.word tidak
sesuai dengan yang kita butuhkan (dalam contoh ini field-field yang kita isikan
adalah nama, alamat, kota, dan program) kita dapat menambahnya dengan
mengklik tombol customize columns.
c. Setelah
itu akan tampil kotak customize columns,
·
Untuk menambahkan field-field yang kita butuhkan tekan tombol “add”, (dalam contoh ini tambahkanlah :
nama, alamat, kota, dan program);
·
Untuk menghapus field tekan “delete”;
·
Untuk mengubah nama field tekan “rename”;
d. Selanjutnya
delete item-item yang ada, karena fied nya tidak sesuai dengan field data source
yang akan kita buat. Yaitu (Nama, Alamat, Kota, dan Program)
e. Setelah
selesai menambahkan field-field yang kita butuhkan, maka kita kembali ke kotak
“New address list” , selanjutnya
kita akan mengisi field-field yang telah kita buat dengan data-data yang kita
miliki, seperti gambar dibawah berikut ini:
·
Untuk menambah data tekan tombol “New
Entry”
·
Untuk menghapus data tekan tombol “Delete Entry”
·
Untuk mencari data tekan tombol “Find”
f.
Jika data yang kita masukkan sudah cukup, tekan
tombol OK , setelah itu kita akan
diminta untuk menyimpan data source tersebut,
3.
Menggabungkan
Data source kedalam Dokumen Master
Setelah kita
membuat dokumen master dan data source maka langkah berikutnya adalah
menggabungkan isi field yang kita buat tersebut kedalam dokumen master.
Berikut adalah
langkah-langkahnya :
·
Letakkan kursor dimana data akan diletakkan;
·
Kemudian pilih menu mailings pada toolbar,
setelah itu pilih select
recipients, kali ini kita pilih use
existing list,
Kemudian kita akan diminta memilih daftar field yang
telah kita buat, pilih file yang kita simpan sebelumnya (lihat langkah 2.e),
Setelah itu tekan open.
Maka akan muncul
kotak “Insert Merge Field”, seperti terlihat
pada gambar dibawah ini
·
Kemudian pilih field yang ingin kita gabungkan
pada dokumen master, setelah itu tekan tombol insert.
·
Setelah selesai menggabungkan field dengan
dokumen master, maka tampilan dari dokumen master akan seperti berikut :
4.
Melihat
Hasil Dari Dokumen Master yang telah digabung
Untuk melihat
hasil gabungan dari dokumen master dengan field yang kita masukkan, klik tombol
Peview Result yang ada pada menu mailings.
Maka tampilan
dari dokumen master akan seperti berikut
Selamat Mencoba Good Luck
No comments:
Post a Comment