Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Konsep Dasar Sistem dan Sistem Informasi


Suatu sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
      (Sumber : Andi Kristanto, 2003, Hal 1)

A.          Konsep Dasar  Sistem
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer (1991:1442) definisi sistem adalah “Seperangkat atau pengaturan unsur yang saling berhubungan sehingga membentuk satu kesatuan”.
       Sedangkan menurut Abdul Kadir ( 2002 : 54) dalam bukunya Pengenalan Sistem Informasi  sistem adalah “Sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan”.
Sedangkan menurut Raymond Mc Leod, Jr dalam bukunya Sistem Informasi Manajemen Jilid Ke Tujuh (1995:11), Sistem adalah “Sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan”.
Dari definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa Sistem adalah “Sekumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan satu sama lain guna untuk mencapai suatu tujuan”.


 B .      Karakteristik Sistem
Menurut H.M Jogiyanto (1990:3) dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, karakteristik-karakteristik sistem dijelaskan sebagai berikut :
1.      Komponen Sistem (Component)
Suatu sistem memiliki sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang berarti tiap komponen akan membentuk kerjasama dan kesatuan, komponen sistem dapat berupa subsistem-subsistem yang mempunyai sifat-sifat sistem itu sendiri untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi sistem secara keseluruhan.
2.      Batas Sistem (Boundary)
Suatu daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau lingkungan luar, dengan batasan ini kita bisa mengetahui ruang lingkup suatu sistem.
3.      Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun yang berada diluar batas suatu sistem yang mempengaruhi suatu sistem.
4.      Penghubung Sistem (Interface)
Penghubung merupakan media penghubung antara subsistem dengan subsistem yang lainnya. Dengan penghubung ini akan mengalir sumber daya atau data-data antar subsistem, dimana output (keluaran) dari subsistem akan menjadi input (masukan) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung, sehingga dapat berinteraksi dengan subsistem lain membentuk kesatuan.
5.      Masukan Sistem (Input)
Energi yang dimasukan ke dalam suatu sistem, masukan ini dapat berupa masukan perawatan (maintenance) dan masukan sinyal (signal input).
6.      Keluaran Sistem (Output)
Keluaran merupakan hasil energi yang diolah dan diidentifikasikan menjadi keluaran yang berguna, yang akan menjadi inputan baru atau informasi yang berguna.
7.      Pengolahan Sistem (Proses)
Suatu sistem pasti mempunyai suatu pengolah data masukan untuk dijadikan suatu informasi yang berguna.
8.      Sasaran Sistem (Goal)
Merupakan penentuan dari tujuan untuk memasukkan yang dibutuhkan dan mengeluarkan yang akan dihasilkan sistem.

C.        Konsep Dasar Informasi
  Definisi Informasi menurut Gordon B. Davis (1999:28) dalam bukunya yang berjudul Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen bagian satu informasi adalah “Data yang diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang”.

Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir didalam tubuh manusia, seperti halnya informasi didalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system). Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan informasi merupakan kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima. Dengan kata lain sumber informasi adalah data. Data menggambarkan suatu kejadian yang sedang terjadi, dimana data tersebut akan diolah dan diterapkan dalam sistem menjadi input yang berguna dalam suatu sistem.
         Menurut Andri Kristanto (2003:10) dalam buku Perancangan Sistem Informasi , kualitas  informasi tergantung dalam 3 hal yang sangat dominan yaitu :
a)      Akurat
Informasi yang dihasilkan harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan bagi orang yang menerima informasi tersebut.
b)      Tepat waktu
Informasi yang diterima harus tepat pada waktunya, sebab kalau informasi yang diterima terlambat maka informasi tersebut sudah tidak berguna lagi.
c)      Relevan
Informasi harus mempunyai manfaat bagi penerima, sebab informasi ini digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dalam pemecahan suatu permasalahan.

D.        Konsep Dasar Sistem Informasi
Sebuah sistem informasi merupakan kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang akan mengolah data menggunakan perangkat peras dan perangkat lunak tersebut. Selain itu data juga memegang peranan yang penting dalam sistem informasi. Data yang akan dimasukan dalam sebuah sistem informasi dapat berupa formulir-formulir, prosedur-prosedur dan bentuk data lainnya. Selain itu sistem informasi dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.      Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
2.      Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan atau untuk mengendalikan organisasi.
3.      Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
      (Sumber : Andi Kristanto, 2003,  hal 11)

Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution