Pada Tutorial kali ini akan
dibahas latihan studi kasus Pivot Table, dimana Pivot Table adalah salah satu
feature Microsoft excel yang berfungsi untuk mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan
data dalam jumlah besar, dimana Pivot Tabel dapat digunakan sebagai alternatif
untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas
data
Skenario
Latihan & Studi Kasus
Anda akan di tugaskan untuk
menganalisa laporan data penjualan dimana output Pivot table yang dibuat
seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Pivot Tabel diatas Menampilkan
Informasi Pencapaian Penjualan Per-sales dan Per-Item Barang, untuk itu tugas
anda buat table data untuk bisa Membuat Laporan Pivot Tabel Tersebut.
Tabel Yang dibuat Seperti
Berikut:
Parameter yang di Setting Dalam Pivot Table
1. Filter Area
Filters Area digunakan untuk menampilkan Pivot Table untuk data tertentu. Anda dapat melakukan filter lebih dari satu item dengan mencentang Select Multiple Items.
2. Coloumn Area
Column Area digunakan untuk menambah/mengurangi dan mengurutkan kolom pada Pivot Table.
3. Rows Area
Rows Area digunakan untuk menambah/mengurangi dan mengurutkan baris pada Pivot Table.
4. Value Area
Values Area digunakan untuk melakukan eksekusi tertentu terhadap kategori data, misalnya COUNT (data teks) dan SUM/TOTAL (data numerik).
Tutorial Basic Pivot Table Bisa dilihat Disini
1. Filter Area
Filters Area digunakan untuk menampilkan Pivot Table untuk data tertentu. Anda dapat melakukan filter lebih dari satu item dengan mencentang Select Multiple Items.
2. Coloumn Area
Column Area digunakan untuk menambah/mengurangi dan mengurutkan kolom pada Pivot Table.
3. Rows Area
Rows Area digunakan untuk menambah/mengurangi dan mengurutkan baris pada Pivot Table.
4. Value Area
Values Area digunakan untuk melakukan eksekusi tertentu terhadap kategori data, misalnya COUNT (data teks) dan SUM/TOTAL (data numerik).
Tutorial Basic Pivot Table Bisa dilihat Disini
Selamat Mencoba.
Salam Padepokan IT
No comments:
Post a Comment