Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Memahami Cara Kerja TraceRoute di Dalam Jaringan

Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan. Manfaat penggunaan traceroute, kita dapat menganalisis informasi mengenai lokasi router, tipe dan kapasitas interface, tipe dan fungsi router, serta batas-batas network yang dilalui, berdasarkan DNS interface yang dilalui. Serta traceroute menjadi alat analisa jaringan yang baik dengan melihat loncatan mana yang memakan waktu yang besar atau paket yang di drop, kita dapat menentukan dimana titik kritisnya.

Format perintah tracert adalah :tracert (namaip/domain) .

Berikut Contoh Penggunaan TraceRoute di Windows
  1. Masuk Ke CommandPrompt (CMD)\
  2. Selanjutnya ketik perintah tracert nama_host misal tracert www.kompas.com hasilnya seperti terlihat dibawah ini



Terkadang ketika mengakses alamat web yang sering kita kunjungi tidak dapat diakses 
secepat biasanya, di internet hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab, yang paling 
sering adalahkarena jalur internet yang kita lalui memang sedang melambatatau 
penuh atau server dari alamat web tersebut sedang diakses 
oleh banyak orang sehingga membutuhkan waktu bagi server tersebut 
untuk memproses permintaan kita. Untuk itu kita bisa mengecek 
menggunakan perintah TraceRoute

Cara Kerja TraceRoute
  1. Traceroute akan menampilkan titik-titik perantara yang menjembatani Jaringan anda dan titik tujuan Jaringan anda, ‘jembatan’ inilah yang biasa disebut dengan router, data yang anda kirimkan akan meloncat melewati jembatan-jembatan ini.
  2. Trace Route dapat Melihat Jumlah router yang dilewati, tampak dari contoh diatas, untuk mencapai kompas.com perlu melewati 8 router.
  3. Traceroute mengirimkan sebuah paket ke port UDP yang tidak dipakai oleh servis lain pada komputer tujuan (defaultnya adalah port 33434).
  4. Traceroute mengirimkan paket yang memiliki TTL satu, maka sesampainya paket tersebut pada router pertama (menghasilkan loncatan yang pertama) TTL akan dikurangi dengan satu sehingga menjadi 0 kemudian paket tersebut akan di drop. Berikutnya router tersebut akan mengirimkan paket ICMP ke komputer kita yang berisi pemberitahuan bahwa TTL dari paket yang kita kirimkan sudah habis dan paket yang kita kirimkan di drop.
  5. Dari pesan ini, traceroute dapat menentukan nama router tempat data kita meloncat dan berapa waktu yang dibutuhkannya. Berikutnya traceroute akan mengirimkan paket dengan nilai TTL yang ditambah satu demi satu sampai host tujuan dicapai.
  6. Sebagai Catatan jika kita melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan “request timed out” pada hasil tracert anda, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda.

Kesimpulan

  1. Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.
  2. Dengan TraceRoute Dapat Mengetahui nilai latensi. Latensi adalah hambatan yang terjadi di jaringan. Makin tinggi latencynya makin jelek koneksinya. Tampak dari hasil tracert diatas latency besar terjadi pada ip
  3. Dengan TraceRoute maka Dapat mengetahui dimana posisi titik putusnya koneksi.
    Koneksi putus bisa dilacak dengan tracert dengan melihat titik pemberhentian terakhirnya. Jika tracert berhenti sampai ISP, maka kemungkinan putus di ISP. Kalo hal ini terjadi kita hubungi ISP. jika koneksi putus di telkom atau ip Singtel maka kemungkinan koneksi internasional sedang putus. ketika koneksi internasional putus, anda hanya bisa mengakses situs lokal seperti detik.com namun tidak bisa akses ke Google.com atau Facebook.com Ini sering terjadi kalau ada permasalan di kabel bawah laut.
  4. Dengan TraceRoute Maka kita dapat Menganalisa kualitas jaringan
    Sebagai contoh jika koneksi keserver amerika (google.com, yahoo.com,facebook.com) membutuhkan lebih dari 13 router /titik maka dipastikan jaringan tidak optimal, kemungkinan besar terlalu banyak routing dari ISP ke lokasi anda. Semakin sedikit titik antara jaringan kita dengan server di amerika semakin bagus koneksinya.


Sember : Dari Berbagai Sumber


Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution