Pada Tutorial Excel kali ini akan dibahas mengenai fungsi Waktu di
excel dimana Untuk menghitung jumlah hari kerja pada Excel yaitu dengan
menggunakan fungsi NETWORKDAYS, fungsi ini merupakan salah satu formula pada
Excel yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja selama masa tertentu.
Rumus dari NETWORKDAYS ini adalah sebagai berikut.
Dimana fungsi
NETWORKDAYS memiliki argumen berikut :
·
Start_date, merupakan tanggal yang menunjukkan tanggal
mulai.
·
End_date, merupakan tanggal yang menunjukkan tanggal
akhir.
·
Holidays, merupakan rentang opsional yang terdiri dari
satu atau lebih tanggal untuk dikecualikan dari kalender kerja, seperti hari
libur nasional dan jatah cuti. Daftarnya bisa berupa rentang sel yang berisi
tanggal atau konstanta array dari nomor seri yang menunjukkan tanggal.
Langkah
Penggunaan
1. Buat Tabel Data Karyawan di sheet 1
2. Buat Tabel Bantu untuk mendata hari libur di
sheet 2. Selanjutnya beri nama tabel pada namebox misal hari_libur
3. Tempatkan kursor di cell H4 dan gunakan fungsi
Networkdays. Dan hasilnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini
Catatan
Pastikan kolom Mulai kerja, akhir kerja, dan hari_libur di format
menggunakan date.
Selamat Mencoba
No comments:
Post a Comment