Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Memahami Ruang Lingkup Pekerjaan di Bidang IT Support Konsep Dan Teknis Bagian Pertama


A.    Deskripsi Pekerjaan IT Support

IT Support merupakan sebuah pekerjaan yang memberikan jasa atau layanan berupa instalasi software, hardware maupun maintenance (perawatan) kepada klien/pelanggannya. Pekerjaan IT Support  atau tugas dari seorang IT Support lebih dititikberatkan pada kondisi jaringan dan perangkat IT secara fisik. Mempunyai keahlian di bidang IT Support sekarang ini cukup menjanjikan, mengapa saya katakan seperti itu? Dengan berkembangnya internet bahkan sampai ke pelosok desa, tentunya dibutuhkan orang yang bisa merawat atau memaintaincenya. Belum lagi dengan banyaknya perusahaan hosting ataupun penyedia jasa layanan IT support di Indonesia, tentunya semakin menambah peluang terbukanya kesempatan untuk menempati posisi pekerjaan ini. Berdirinya banyak perusahaan/layanan di bidang IT tentunya membutuhkan banyak technical support atau dukungan teknis untuk membantu dan melayani pelanggan (klien) mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi, baik itu konfigurasi, pemakaian maupun troubleshooting. Untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi pada pelanggan/klien. Gambar Berikut Menjelaskan Pola Kerja Seorang IT Support

SKEMA POLA KERJA IT SUPPORT

Bagaimana cara menjadi technicall support yang handal, dalam sebuah perusahaan yang berskala menengah ke bawah ?Seperti yang kita tahu, perusahaan skala menengah minim akan budget IT, namun banyak juga perusahaan besar yang tidak menerapkan Infrastruktur IT nya dengan baik, sebagai teknikal support mungkin kira slalu merasa bingung, tidak ada masa depan, seperti tukang servis, dan kalimat lainya yang membuat kita jadi tidak bersemangat untuk bekerja dan berkarir melalui jalur tersebut.

Jika sekarang dalam situasinya kita menjadi seorang support onsite, pada sebuah perusahaan, sanggupkah kita menjawab semua ini:

1.sanggup kah kita menghandle 100PC lebih ?sanggpukah kita memaintain keseluruhanya ? 
2.sanggupkah kita memaintain server dan aplikasinya ?
3.jika kita bekerja sendiri atau maksimal 2 orang ?

kalau saya yang di berikan pernyataan seperti itu, saya akan bilang sanggup, karena saya mengikuti model infrastruktur IT seperti yang ada di bawah ini, dengan model ini diharapkan seorang teknikal support akan lepas dari rutinitas nya, dan bisa lebih bereksplorasi untuk memajukan sistem IT perusahaan, tampa harus terikat dengan rutinitas,dan meluangkan banyak waktu. Selain itu
ternyata untuk menjadi technicall support ini tidaklah gampang yang orang kira, selain butuh pengetahuan perangkat komputer, kita juga butuh mental baja, untuk menghadapi orang orang yang terkadang menyulitkan, selain itu kita tidak bisa kerja 1 per satu, selalu saja ada intrupsi nya, jadi butuh kesabaran yang tinggi untuk menjadi seorang IT Helpdesk atau IT Technical Support. , setiap perusahaan pastinya membagi tugas masing-masing IT Support. Sesuai dengan keahlian dan tingkatannya, biasanya tingkatan dalam dunia kerja IT Support atau layanan support itu terbagai atas tiga level pada sebuah perusahaan.


B Level IT Support

1. IT Support Level 1
Pada tingkatan pertama ini, biasanya bertugas menerima telepon dari klien, membalas email atau chatting seputar masalah yang dihadapi oleh klien atau pelanggan. Posisi level 1 ini bisa disebut juga Customer Support ataupun IT Helpdesk yang bertugas mengarahkan klien untuk memecahkan permasalahannya seperti mengumpulkan informasi pelanggan dan menganalisa permasalahan untuk mencari tahu dasar masalah yang terjadi pada klien. IT Support level 1 ini biasanya memiliki pengetahuan umum tentang masalah yang dihadapi oleh klien seperti konfigurasi standar dan instalasi. Jika masalah klien belum bisa diselesaikan oleh Level 1 biasanya akan ditindaklanjuti oleh level 2, berdasarkan informasi-informasi yang telah dikumpulkan IT Support level 1.

2. IT Support Level 2
IT Support pada level kedua biasa disebut juga Technical Support. Untuk bekerja pada level ini diharuskan Anda memiliki pengetahuan dalam penanganan teknis. Seperti pemantauan performa server, mampu menangani downtime server, troubleshooting, hingga melakukan remote hosting client untuk penanganan lebih dalam.

3. IT Support Level 3
Level ketiga lebih dikenal dengan nama Advanced Support. Untuk berada posisi ini, Anda diharuskan menguasai(memiliki) kemampuan konfigurasi ulang, instalasi ulang, dan merancang program tambahan, dengan tetap mempertahankan integritas data di server.  Level III bekerja untuk memberikan solusi untuk masalah-masalah baru, yang tidak bisa dipecahkan oleh level II.

Berikut Gambaran Umum Tanggung Jawab Seorang IT Support di sebuah Perusahaan:
1.       Memastikan bahwa semua software yang telah terinstal dan bekerja dengan benar
2.       Monitoring PC Client & Jaringan Komputer LAN serta Internet
3.       Menguji semua perangkat lunak yang disetujui oleh manajemen
4.       Melakukan maintenance software secara berkala
5.       Periksa semua interkoneksi system Perusahaan dan memastikan bahwa semua PC interkoneksi bekerja dengan baik
6.       Menentukan software apa saja yang terinstal di suatu workstation
7.       Menjaga up to date software pada suatu PC
8.       Melakukan tugas terkait dan proyek khusus yang ditugaskan
9.       Kontribusi terhadap kegiatan perusahaan seperti yang diarahkan
10.   Selalu up to date mengenai perkembangan software dan cyber
11.   Membantu melakukan pengecekan dan menjaga software-software yang terpasang di komputer, termasuk jaringan (LAN) dan server sehingga dapat berjalan dengan sempurna.Inventarisasi semua software yang terkait dengan lisensi dan garansi
12.   Membuat laporan secara harian dan bulanan mengenai job desc terkait, dan lebih baik dibuatkan log book trouble shooting user
13.   Menjalani action plan IT yang telah dibuat
14.   Melakukan analisa dan proses perbaikan dan update data database.
15.   Membantu menyiapkan proses pengajuan pengadaan hardware dan atau software
16.   Korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Hosting, hardware, dan software supplier, dll



Sumber Refrensi : Dari Berbagai Sumber


 


Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution