Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Mengenal Oracle Application Express (APEX)

Sebelum Membahas Tentang Oracle Application Express, terlebih dahulu mengenal sekilas tentang Oracle. Oracle didirikan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer yang bernama Bob Miner, Ed Oates dan Larry Ellison yang kemudian menjabat sebagai CEO. Oracle pertama kalinya menyediakan system database yang dapat digunakan untuk kebijakan konvensional.Oracle adalah sebuah Database Management System (DBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi yang dapat memanipulasi database. 

Flatporm Oracle Terdiri dari Oracle database, Oracle Form developer, dan Oracle Web-base yang sekarang disebut Oracle Application Express (Apex).

Sekilas Tentang Oracle Application Express


Deskripsi Oracle Apex

APEX dibuat oleh Mike Hichwa, seorang pengembang di Oracle, setelah pengembangan proyek sebelumnya, Web DB, mulai menyimpang dari visi aslinya. Meskipun APEX berbagi beberapa fungsionalitas dengan Web DB, itu dikembangkan dari awal dan tidak ada jalur peningkatan dari Web DB ke APEXAPEX digunakan secara internal oleh Oracle untuk mengembangkan beberapa situs pendukungnya. Pengetahuan KnowTom dan toko online keduanya berjalan di APEX. Situs dukungan Metalink dijalankan pada APEX selama beberapa waktu sebelum akhirnya digantikan oleh solusi Oracle ADF.

Oracle Application Express (Oracle APEX) yang dulu disebut HTML-DB adalah sebuah framework yang berbasis pada sebuah database dedicated (sementara ini sampai versi terbaru masih dedicated untuk Oracle Db saja dan lisensi include dalam lisensi database), ini artinya apa bahwa engine aplikasi dibangun sepenuhnya didalam sebuah database. Bahkan untuk arsitektur Embedded PL/SQL Gateway seperti yang dipakai dalam Oracle XE dan Oracle 11G file image (library,css,theme,dll) disimpan didalam database metadata juga. Inilah hal yang berbeda dibandingkan framework yang lain.



Sejarah & Perkembangan Apex

Diperkenalkan pertama kali sebagai bagian dari Oracle Db 10gR1 adalah HTML DB 1.5 tahun 2003, dan berikut perkembangannya dan sedikit feature nya sampai sekarang:

Tahun
Versi
Keterangan /Feature
2003
HTML DB 1.5
release pertama.
2004
HTML DB 1.6
memperkenalkan Theme.
2005
HTML DB 2.0
memperkenalkan SQL Workshop.
2006
Oracle APEX 2.1 & 2.2
memperkenalkan Package Application dan Oracle XE.

2007
Oracle APEX 3.0
Memperkenalkan Flash Chart, PDF Printing dll.

2008
Oracle APEX 3.1
memperkenalkan Interactive Report ,BLOB dll.

2009
Oracle APEX 3.2
memperkenalkan migrasi dari Form Developer dll.
2010
Oracle APEX 4.0
Memperkenalkan Dynamic Actions,Websheets, Chart Improvement, RESTful Webservice dll.

2011
Oracle APEX 4.0.2
Perbaikan dari versi 4.0 .
2012
Oracle APEX Versi 4.2
Perbaikan dari versi 4.0 .2 Mendukung Responsive Theme
2013
Apex 4.2.3
Mendukung PDF Printing
2014
Apex 4.2.5
Perbaikan Feature Apex Sebelumnya
2015
Oracle APEX Versi 5.0
Mendukung Mobile Apps
2018
Oracle APEX Versi 18
Di versi ini APEX memungkinkan  untuk mengembangkan, mendesain, dan menggunakan aplikasi desktop dan seluler yang indah, responsif, berbasis data hanya menggunakan browser. APEX 18.1 adalah langkah maju yang dramatis dalam kemudahan integrasi dengan sumber data jarak jauh, dan kemudahan memasukkan fitur aplikasi yang kuat dan berkualitas tinggi. Membangun kesuksesan ini, APEX 18.2 memperkenalkan sejumlah fitur serta meningkatkan kualitas keseluruhan APEX

2019
Oracle Apex Versi 19
Pada Versi ini terdapat Perbaikan bug, fitur baru seperti REST-Enabled Forms, Mode Gelap, Komponen Komponen, jQuery dan oJet yang diperbarui, API JavaScript yang disempurnakan, Kotak Interaktif, pemuatan data, dan bagan

2020-skrg
Pengembangan Versi
Dikembangkan Sesuai Kebutuhan Technology




Konsep dasar Kenapa disebut Appication Express ?

✅  IDE Browser Based.Didalam framework Apex  telah memiliki, application developer, SQL workshop untuk interaksi dengan object Database,Team development dan Administration dalam satu paket yang bisa diakses melalui web browser.

✅  Rapid Application Development (RAD).
APEX menganut RAD dimana memudahkan untuk membuat prototyping. Disisi client tidak ada instalasi apapun serta tidak memerlukan kemampuan knowledge yang handal dalam HTML,CSS,XML dan Javascript hanya memakai komponen basic,  Programmer dengan mudah bisa membangun form, report, chart dan komponen-komponen yang lain yang diperlukan dengan menggunakan wizard, theme dan komponen yang ada dengan kecepatan yang mengagumkan.

✅  Mendukung Fungsi Action Dynamic & WebSheet






Manfaat & Cara Kerja Oracle Application Express (Apex)

1.       Application Express engine membantu Programmer untuk membuat aplikasi secara real time dari data yang sudah disimpan di dalam table database. Ketika Programmer membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi, Oracle Application Express membuat atau memodifikasi metadata yang disimpan dalam table database. Pada saat aplikasi dijalankan, Application Express engine kemudian akan membaca metadata dan menampilkan aplikasi.

2.       APEX dapat digunakan untuk membangun aplikasi web yang kompleks

3.       Oracle Application Express dapat dijalankan di dalam Oracle Database Express Edition (XE), basis data entry-level gratis. Meskipun fungsionalitas APEX tidak sengaja dibatasi ketika berjalan pada XE, keterbatasan mesin basis data dapat mencegah beberapa fitur APEX berfungsi. Juga, Oracle XE memiliki batasan untuk penggunaan CPU, memori dan disk.

4.       Apex sudah Terintegrasi dengan JQuery

5.       Ketika Menjalankan Aplikasi dengan Apex, Browser mengirimkan permintaan URL yang diterjemahkan menjadi panggilan Oracle Application Express PL / SQL yang sesuai. Setelah database memproses PL/SQL, hasilnya dikembalikan lagi ke browser sebagai HTML. Siklus ini terjadi setiap kali kita melakukan request maupun melakukan submit suatu halaman.

6.       Bagian sesi aplikasi dikelola di dalam table database dalam Application Express. Untuk keperluan tersebut, tidak menggunakan koneksi database khusus. Sebaliknya, setiap permintaan dibuat melalui sesi database baru, mengkonsumsi sumber daya CPU yang minimal.

7.       Aplikasi APEX secara inheren menggunakan konstruksi PL / SQL sebagai bahasa dasar server-side. Selain mengakses data melalui blok PL / SQL, aplikasi APEX akan menggunakan PL / SQL untuk mengimplementasikan otorisasi, dan untuk menampilkan elemen halaman web secara kondisional

8.       Embeded PL / SQL Gateway telah tersedia dalam database Oracle bersaamaan dengan web server dan juga infrastruktur yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi dinamis. Embeded PL / SQL gateway berjalan di server DB XML HTTP dalam database Oracle dan termasuk fitur inti dari mod_plsql. Pencantuman gateway PL / SQL yang sudah terembed menyederhanakan arsitektur dan menghilangkan tingkat menengah sepenuhnya


Arsitektur Apex

Komunikasi antara web browser dan Database dimana engine APEX berada melalui Web Listener. Adapun web listener yang bisa dipakai adalah:

Oracle Application Express Listener
Apache MOD_PLSQL
Embedded PL/SQL Gateway


Kekurangan Apex

1.      Aplikasi APEX dibuat menggunakan alat Oracle sendiri dan hanya dapat di-host di database Oracle, membuat pelaksana rentan terhadap vendor lock-in .
2.       Sangat sedikit webhosts yang menawarkan APEX (Oracle Database) pada paket layanan hosting
3.       Dalam Membuat Aplikasi Membutuhkan Banyak Team Developer



Kesimpulan


·         Oracle Application Express (APEX) merupakan suatu lingkungan pengembangan deklaratif yang terpusat untuk penggunaan dan pengembangan aplikasi web berdasarkan database – centric. Berkat fitur-fitur built-in seperti halnya user interface theme, control-kontrol navigasi, penanganan form, report-report yang fleksibel, Oracle Application mampu untuk mempercepat process pengembangan suatu aplikasi database yang berbasis web.

·         Untuk mengontrol akses ke sumber daya dalam aplikasi APEX, pengembang dapat menetapkan skema otorisasi untuk sumber daya (seperti halaman dan item). Ini harus diterapkan secara konsisten untuk memastikan bahwa sumber daya dilindungi dengan tepat. Contoh khas kontrol akses yang tidak konsisten yang diterapkan adalah ketika skema otorisasi ditetapkan untuk item Button , tetapi bukan Proses terkait yang dilakukan ketika tombol diklik. Seorang pengguna jahat dapat melakukan proses (melalui JavaScript) tanpa memerlukan Tombol yang sebenarnya untuk dapat diakses.

Selanjutnya akan di bahas Implementasi APEX Mulai dari Installasi & Programming Apex


Cara Installasi APEX Tutorialnya Disini

Memahami Alur Installsi Apex Disini 

Management Workspace Apex Disini



Sumber Refrensi

1.    https://en.m.wikipedia.org/wiki/Oracle_Application_Express
2.    http://ilmudatabase.blogspot.com/2012/07/mengenal-arsitektur-oracle-apex-41.html
3.    http://bonexapex.blogspot.com/




SALAM




Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution