Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Fungsi HTB di Mikrotik

Apa itu HTB ? 

HTB Singkatan dari Hierarchical Token Bucket (HTB), dalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur pembagian bandwidth, diman pembagian dilakukan secara hirarki yang dibagi-bagi kedalam kelas sehingga mempermudah pengaturan bandwidth untuk Grouping User.

Pada sebuah jaringan yang mempunyai banyak client dan traffic padat, diperlukan sebuah mekanisme pengaturan bandwidth dengan tujuan mencegah terjadinya monopoli penggunaan bandwidth sehingga semua client bisa mendapatkan jatah bandwidth sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk itu diperlukan mekanisme teknik bandwidth salah satunya fungsi HTB. Implementasi QoS (Quality of Services) di Mikrotik banyak bergantung pada sistem HTB (Hierarchical Token Bucket). HTB memungkinkan kita membuat queue menjadi lebih terstruktur, dengan melakukan pengelompokan-pengelompokan bertingkat.

Source Image : https://www.miro.co.za

Konsep Dasar
·         Metode Simple Queue Dan Queue Tree merupakan Implementasi dari HTB
·         Dengan HTB admin jaringan Bisa membuat Queue Secara Hirarki bermanfaat jika dalam jaringan terdiri dari beberapa bagian user missal implementasi dikantor terdiri dari Berbagai Departmen yang akan di limit Bandwidthnya berdasarkan Prioritas tertentu.
·         Dengan HTB bisa menentukan antara Parent dan Childnya, serta disetiap Queue bisa memberikan konfigurasi yang berbeda-beda. Missal bisa dibedakan Queue Type nya.
·         Untuk Konfigurasi HTB berbeda  antara OS versi 5.0 dan Versi 6.0 dimana pada versi 6 output proses dilakukan pada interface Global (pada input dan Post Routing)
·         Pada Queue Tree ada Fungsi Parent atau berfungsi sebagai  interface keluar

Implementasi Cara Kerja HTB
·         HTB bisa di implementasikan menggunakan Queue Tree atau Simple Queue
·         Untuk Queue Tree menggunakan Packet Mark
·         Untuk Implementasi di Simple Queue Pada Target address parent harus di isi network address missal 192.168.10.0/24 baru Childnya berisi IP address masing-masing.
·         HTB hanya bisa berjalan, apabila rule queue client berada di bawah setidaknya 1 level parent, setiap queue client memiliki parameter limit-at dan max-limit, dan parent queue harus memiliki besaran max-limit.
·         Untuk semua parent, maupun sub parent, parameter priority tidak diperhitungkan. Priority hanya diperhitungkan pada child queue.
·         Ciri HTB Bekerja adalah mengakumulasikan Total Bandwidth, missal child parent Menggunakan Bw 2 mb maka Parent akan mengakumulasikan 2mb, begitupun jika ada dua client dan seterusnya maka parent utama akan mengakumulasikan Totalnya
·         Jumlah seluruh limit-at client tidak boleh melebihi max-limit parent
·         HTB bekerja dengan Mangle Packet Mark, dimana Pada Packet Mark kita Bisa melimit berdasarkan layanan per interface, per protocol, per-Port, atau yang lainnya.



Demikian Penjelasan Konsep Berkaitan dengan HTB dan sebagai catatan ketika  mengimplementasikan HTB pada Queue (baik Simple Queue maupun Queue Tree), ternyata ada beberapa parameter yang tidak bekerja seperti yang kita inginkan.Beberapa parameter yang tidak bekerja adalah priority, dan dual limitation (CIR / MIR). Untuk itu perlu dipahami cara kerja dari HTB tersebut sesuai konsep diatas.


Tutorial Selanjutnya Impelentasi HTB di Queue Tree dan Simple queue

Sumber Refrensi



Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution