Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Konsep dan Implementasi Mode Jaringan di VirtualBox


Dalam membuat beberapa simulasi jaringan kita bisa menggunakan metode virtualisasi diantaranya dengan virtualbox. Di virtualbox ada beberapa mode jaringan yang sering dipakai diantaranya NAT, Bridge Adapter, Internal Network, dan Host-Only Adapter. Contoh kasus jika kita akan membuat Virtualisasi OS Mikrotik sebagai router dengan Windows sebagai client maka kita harus mengaktifkan dua adapter di Mikrotik OS yaitu bisa digunakan metode Host-only adapter untuk adapter 1 yang mengarah ke WAN, dan Mode Internal Network yang Mengarah ke jaringan LAN. 

Berikut penjelasan detail dari Masing-masing Mode Jaringan di VirtualBox.

1.       NAT

Merupakan setting jaringan default pada Virtualbox. Mode NAT memungkinkan komputer utama kita (host) berbagi jaringan Internet terhadap komputer virtual (guest). Dalam mode NAT komputer guest akan menggunakan IP komputer host untuk terhubung ke Internet.Setting jaringan dengan model ini akan membuat komputer guest dapat melakukan ping ke komputer host namun komputer host tidak dapat melakukan ping ke komputer guest. Jika anda hanya ingin agar mesin virtual anda dapat terkoneksi ke internet maka gunakan mode NAT.




2.       BRIDGE ADAPTER

Mode Bridged Adapter membuat guest dan host terlihat seperti dua komputer berbeda yang terhubung secara fisik ke jaringan yang sama. komputer guest tidak lagi dianggap virtual melainkan terbaca seperti komputer asli. oleh karena itu dalam mode ini IP komputer guest harus disamakan subnetnya dengan host.Penggunaan mode Bridged ini ada syaratnya, yaitu komputer host harus terhubung ke dalam suatu jaringan. Saya sendiri menggunakan mode ini untuk membuat server anti virus didalam virtualbox. Dalam mode Bridged Adapter ini memungkinkan OS guest untuk merima data maupun mengirimkan data ke jaringan fisik. Jadi artinya OS guest dan OS host adalah dua computer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama.



3.       INTERNAL NETWORK

Mode Internal Network membuat komputer guest terhubung pada jaringan internal. yang dapat berkomunikasi hanya sesama komputer di lingkungan virtual saja. biasanya digunakan untuk simulasi jaringan dengan menghidupkan banyak mesin virtual sekaligus. Sebagai contoh kita akan buat server linux yang akan memberikan Fungsi NAT ke client windows. Pengertian secara internal ini maksudnya adalah sesama virtual machine yang tersambung/menggunakan suatu mode Internal Network sehingga bisa saling menghubungi satu sama lain melalu jaringan. Tapi mode jaringan ini sifatnya terisolasi dari dunia luar sehingga OS guest tidak dapat mengakses/menghubungi OS host dan demikian juga sebaliknya.




4.       HOST ONLY ADAPTER

Mode Host-only dapat menghubungkan komputer guest dengan komputer host seolah-olah terhubung melalui jaringan. Bedanya dengan mode Bridged adalah Mode Host-only Adapter tidak mengharuskan host terhubung ke jaringan. Biasanya dalam implementasinya jika computer guest ingin mengakases internet dari computer host maka harus mengaktifkan internet connection sharing (ICS) pada computer host-nya. Dalam mode Host-only adapter ini dapat di artikan atau dianggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan mode Internal network. Dalam mode ini OS guest dapat mengakses OS host dan sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. OS host dan guest yang menggunakan mode jaringan host-only adapter secaralangsung mereka berdua akan berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software.




 Selamat Mengkonfigurasi




Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution