Ready >175 Video Tutorial Praktek Mikrotik yang sering di Implementasikan

Ready >175 Video Tutorial Praktek Mikrotik yang sering di Implementasikan
Setelah Pembelian Video Tutorial Mikrotik Free Konsultasi By WhatSApp dan Remote

Training Router Mikrotik 18,19,20 Mei (Basic-Advance) 3 Hari Full

Training Router Mikrotik 18,19,20 Mei  (Basic-Advance) 3 Hari Full
Materi Utama : Setting Gateway, Bandwidth Management, DHCP Server, Static Mapping, Firewall, Scripting & Sheduler. Hotspot & User Manager, Membuat Sistem Voucher dan virtual AP, Mangle, Static Routing, VPN, Load Balancing & Fail Over

IT Course, IT Tutorial, IT Solution, In House Training dan Online Training

IT Course,  IT Tutorial, IT Solution, In House Training dan Online Training
Lokasi Private/Training Komputer : Jl.Ciuyah No.45 RT.05 RW.10 Bandung Barat (dari Komp Pancanaka Royal Garden +/- 100 M Sebrang SD Cipanas 1)

Info Training W.A : 081214518859 Instagram dan Line : @padepokanit

Info Training W.A  : 081214518859     Instagram dan Line : @padepokanit

Training, Private, Les, Kursus Komputer, Online Training, dan IT Solution

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA
Open Private Ms Excel Tingkat Basic, Advanced dan Excel Programming With Macro

Mengenal Konsep dan Cara Kerja Replikasi Database di MySQL


Replikasi database adalah seperangkat teknologi yang digunakan untuk menyalin dan mendistribusikan data dari satu database ke database yang lain. Dan selanjutnya, mensinkronisasikan antar database untuk menjaga konsistensi. Dengan replikasi, data dapat didistribusikan ke lokasi yang berbeda dan pengguna yang jauh melalui LAN, WAN, Dial-up Connection, wireless connections, dan internet.Replikasi Databse di MySQL adalah suatu teknik di database Mysql yang memungkinkansuatu database dari satu server (Master) dapat di salin ke database di serverlain (Slave) secara otomatis, Sehingga pada saat server master mengalamipenambahan/perubahan/penghapusan data maka server lainnya (Slave)mengikutinya.

Konsep  Replikasi Database



Pengertian Master Slave dalam Database 

Master, bisa diartikan Database yang memiliki posisi utama. Sedangkan Slave, bisa diartikan database yang memiliki posisi kedua. Sebuah server database adalah program komputer yang menyediakan layanan database untuk program komputer lain, seperti yang didefinisikan oleh model client-server. Sistem manajemen database yang sering menyediakan fungsi database server, dan beberapa DBMSs (misalnya,MySQL) secara eksklusif bergantung pada model client-server untuk mengakses database.

Seperti server diakses melalui "front end" berjalan pada komputer pengguna yang menampilkan data yang diminta atau "back end" yang berjalan pada server dan menangani tugas-tugas seperti analisis data dan penyimpanan.Dalam model master-slave, master database server adalah  sebagai central data dan lokasi utama data. sementara database server slave akan disinkronkan backup dari master bertindak sebagai proxy.

Manfaat Replikasi Database
1.     Membuat backup dengan menggunakan replication memungkinkan didapatkan backup yang sempurna dari suatu database MySQL yang besar dan aktif tanpa melakukan penghentian dari server yang bersangkutan. Artinya Menghindari kemungkinan tidak semua data ter-backup karena saat proses backup data manual dilakukan bisa saja terjadi perubahan data oleh client.
2.  Menghindari kemungkinan tidak semua data ter-backup karena saat proses backup data manual dilakukan bisa saja terjadi perubahan data oleh client Apabila server master mengalami kerusakan, database bisa segera dialihkan ke server slave.
3.      Untuk menyeimbangkan beban kerja beberapa server. Sehingga memungkinkan untuk membuat replika dari satu basis data pada beberapa server, replikasi dapat membantu meringankan beban kerja dari server basis data tunggal yang kelebihan beban dengan memecah query antara beberapa server, masing-masing berjalan pada perangkat keras terpisah. (Vaswani, 2010).
4.  Memungkinkan beberapa lokasi menyimpan data yang sama. Hal ini sangat berguna pada saat lokasilokasi tersebut membutuhkan data yang sama atau memerlukan server yang terpisah dalam pembuatan aplikasi laporan.
5.    Meningkatkan kinerja pembacaan, dan Data dapat ditampilkan seperti layaknya melihat data tersebut dengan menggunakan aplikasi berbasis Web

Cara Kerja Replikasi di MySQL

Dalam Proses replikasi Databse di MySQL ada server yang di jadikan Master dan Slave. server master adalah sebuah server yang akan di jadikan sebagai Induk/Utama sedangkan server slave adalah server yang di jadikan sebagai server copy-an dari server master. sedangkan proses replikasinya sendiri, Server yang sebelumnya sudah di konfigurasi sebagai master akan seperti biasa beroperasi,saat server master itu menerima sebuah query dari user/client sesudah query itu di terapkan menjadi sebuah record/data maka secara otomatis query itu di teruskan oleh server master ke server yang sebelumnya sudah di konfigurasi sebagai slave melalui jaringan, dan terakhir query itupun di diterapkan di server slave dan seperti itu terus, replikasi akan terus berjalan melakukan backup sempurna secara realtime asalkan jaringan antara server master dan slave tidak ternganggu. jadi intinya setiap query yang dijalankan di server master akan dijalankan juga pada server slave.

Detail Cara Kerja Replikasi Database MySQL


Berikut adalah tiga bagian dasar dari cara kerja replikasi di MySQL secara umum:
1.       Master mencatat perubahan data dalam binary log. (Catatan ini disebut binary log events.)
2.       Slave menyalin aktivitas binary log master ke relay log nya.
3.      Slave merespon proses di relay log dan kemudian mengubah data pada basis datanya sendiri.
Bagian dasar ini hanya gambaran dari beberapa langkah proses replikasi dari bagian yang cukup kompleks. Gambar di bawah menggambarkan replikasi lebih terinci.

Cara Kerja Replikasi Database


Bagian pertama dari proses ini adalah penulisan binary log di master. Tepat sebelum setiap transaksi terbaru melengkapi data pada master, master mencatat perubahan dalam binary log nya. MySQL menulis transaksi secara berurutan dalam binary log ini, bahkan jika laporan dalam transaksi tersebut terselip selama proses terjadi. Setelah menulis events pada binary log, master kembali memberitahu mesin penyimpanan untuk melakukan transaksi.

Langkah berikutnya adalah bagi slave untuk menyalin binary log master ke hard-drivenya, yang biasa disebut relay log. Di mulai dengan susunan pekerja, yang disebut thread slave I/O. Thread I/O membuka koneksi klien agar bisa terhubung ke master, kemudian mulai proses khusus binlog dump. Proses binlog dump membaca transaksi dari binary log master. Jika sudah mengambil semua data di master, thread ini diam dan menunggu master memberi sinyal lagi ketika ada events baru. Lalu thread I/O ini mencatat events ke relay log slave.

Slave SQL thread menangani bagian terakhir dari proses. Thread ini membaca dan merespon events dari relay log, sehingga memperbarui data slave agar sesuai dengan master. Selama thread ini terus sesuai dengan thread I/O, relay log biasanya tetap dalam bagian cache sistem operasi, sehingga relay log memiliki overhead yang sangat rendah.


Kelebihan Dan Kekurangan Replikasi
Adapun kelebihannya Replikasi adalah :
1.       Memungkinkan beberapa Server pada lokasi berbeda menyimpan data yang sama.
2.       Menjamin sebuah backup sempurna tanpa harus menghentikan server.

Adapun kekurangannya Replikasi diantaranya :
1.       Adanya pekerjaan ekstra untuk menkonfigurasi multi sistem yang terpisah.
2.       Semakin tinggi kompleksitas infrastruktur semakin rumit dalam konfigurasi awal.

Macam – Macam Replikasi Mysql

Pada saat ini replikasi mysql dibagi menjadi dua yaitu :
1.      Replikasi Master To Slave
jenis replikasi ini adalah teknik dasar, pada teknik ini satu di jadikan master dan satu atau beberapa lainnya di jadikan slave yang akan selalu mengikuti perubahan master. namun kelemahan pada jenis ini saat slave terjadi perubahan data maka server master tidak akan melakukan perubahan data pada slave.
2.      Replikasi Master To Master
jenis replikasi ini akan sulit dan rumit saat di lakukan di banyak server, di jenis ini semua server akan berlaku sebagai slave maupun master, jadi misalkan ada empat server dikonfigurasi maka saat salah satu server terjadi perubahan data maka tiga server lainnya akan berperan sebagai slave.

Sumber Refrensi
https://diskusikuliah.wordpress.com/2010/10/31/database-replication/
http://www.chaotic.web.id/2015/04/mengenal-teknik-replikasi-mysql.html
http://www.jejaring.web.id/cara-mudah-replikasi-database-dengan-mysql/
http://teropong21.blogspot.co.id/2012/03/cara-kerja-replikasi-database-di.html



Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT

Jl. Ciuyah No.45 RT.05/RW.10 Bandung Barat 40551

Call : 0812 1451 8859 (Telkomsel)
W.A : 081214518859
Website : www.padepokanit.com
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution