VIDEO TUTORIAL MIKROTIK TOTAL 200 VIDEO + MODUL TRAINING + SCRIPT

Jadwal Training Mikrotik Bulan ini 11,12,13 Oktober (Basic-Mahir) 3 Hari

Jadwal Training Mikrotik Bulan ini  11,12,13 Oktober (Basic-Mahir) 3 Hari
Materi Utama : Konsep Jaringan, Setting Gateway, Bandwidth Management, DHCP Server, Static Mapping, Firewall, Scripting & Sheduler. Hotspot & User Manager, Membuat Sistem Voucher dan virtual AP, Mangle, Static Routing, VPN, Load Balancing & Fail Over. Konsep dan Praktek Point To Point dan Point To Multi Point.

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT Course, IT Tutorial, IT Solution, In House Training dan Online Training IT

Memahami Perbedaan Jaringan LAN dan WAN


Pada artikel ini akan diulas perbedaan jaringan LAN dan WAN, Jaringan ( Networking ) adalah  kumpulan dari komputer - komputer  yang terhubung dengan suatu garis komunikasi yang digunakan untuk menukar informasi.Jaringan komputer  mungkin di klasifikasikan dalam beberapa jenis. Salah satu klasifikasinya adalah menurut jarak yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer : Jarak pendek ( Local Area Network ) atau jarak jauh ( Wide Area Network ) .

Sebuah Local area network (LAN ) digunakan untuk menghubungkan komputer pada suatu site yang sama. Dimana Local Area Network atau LAN merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang kecil. Komputer yang berada di kantor, sekolah, gedung dan kampus mengandalkan LAN agar saling terhubung ke server pusat.

Teknologi LAN berkembang dengan cepat, saat ini mengusung teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan dukungan perangkat switch. Kecepatan transfer data pun berbeda-beda, mulai 10, 100 hingga 1000 Mbit/s.

LAN & WAN


Sementara Wide area network (WAN)  digunakan untuk menghubungkan komputer yang jarak nya lebih jauh. Jenis lain dari Wan yaitu Metropolitan area network ( MAN ) yang biasanya meliputi sebuah kota atau pinggiran kota . Dengan jarak geografi yang luas , hubungan komunikasi pada WAN relatif lebih lambat dan kurang dapat diandalkan dibandingkan dengan LAN. Kecepatan pengiriman data  pada WAN biasanya berkisar 33.6 kilobit per detik ( dial up dengan modem ) sampai 45 megabit per detik ( T3 tanpa melalui saluran  pribadi ). Kecepatan pengiriman data pada LAN lebih tinggi yaitu 10 megabit per detik ( dengan ethernet ) sampai 2500 megabit per detik  ( ATM ) dan memiliki keandalan data yang baik . Yang jelas DDBMS yang menggunakan LAN untuk komunikasi akan memberikan waktu respon yang lebih cepat dibandingkan dengan WAN.

Perbedaan LAN dan WAN terletak pada tiga karakteristik utama, yakni: 
1.       Kemampuan transfer data LAN lebih tinggi. 
2.       Cakupan area wilayah LAN lebih sempit dan kecil. 
3.       Jaringan LAN tak butuh jalur telekomunikasi yang dapat langsung disewa dari operator telekomunikasi tertentu.
4.    Cakupan area wilayah WAN lebih luas dan kompleks karena menyatukan beberapa jaringan LAN ke dalam satu server. 
5.       Jika di perhatikan cara dari memilih path atau routine, dapat diklasifikasikan jaringan nya dengan point to point atau dengan broadcast.  Dalam jaringan point to point, jika sebuah site ingin mengirimkan pesan ke semua site, pesan tersebut harus di pisah – pisahkan ke dalam beberapa pesan. Di jaringan broadcast , semua site mendapatkan semua pesan , tetapi masing –masing pesan memiliki awalan yang menjadi identitas site tujuan sehingga site yang lainnya di abaikan. WAN biasanya menggunakan jenis jaringan point to point  dan LAN menggunakan jenis jaringan broadcast. Ringkasan mengenai jenis karakteristik dari WAN dan LAN di berikan pada table dibawah ini


WAN
LAN
Jarak dapat mencapai ribuan kilometer
Jarak dapat mencapai hingga beberapa kilometer
Hubungan komputer berjauhan
Hubungan komputer yaitu bekerjasama dalam aplikasi terdistribusi
Jaringan diatur oleh   organisasi bebas ( menggunakan penghubungan satelit atau line telepon )
Jaringan di atur oleh pemakai sendiri
( menggunakan kabel sendiri )
Kecepatan data sekitar 33.6 Kbit /detik (saluran  dengan menggunakan modem ) sampai 45 mbit / detik ( T3)
Kecepatan data mencapai 2500 mbit / detik ( ATM )
Protokol rumit
Protokol sederhana
Routing point to point
Routing broadcast
Topologi yang digunakan tidak tentu
Menggunakan topologi BUS atau RING
Tingkat kesalahan 1:105
Tingkat kesalahan 1:109


Kesimpulan Perbedaan Jaringan LAN dan WAN 

Secara sederhana, perbedaan LAN dan WAN terletak pada cakupan wilayah akses. Wilayah akses LAN lebih sempit, sedangkan wilayah akses WAN lebih luas karena mengandalkan layanan operator telekomunikasi tertentu. Membangun jaringan WAN membutuhkan jaringan telekomunikasi yang disediakan oleh operator telekomunikasi tertentu. Jaringan WAN sangat diandalkan oleh perusahaan-perusahaan besar, perbankan departemen negara dan BUMN. Pembangunan jaringan lebih kompleks dan sukar, sehingga perlu ditangani langsung oleh tenaga ahli berpengalaman.



Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT

Jl. Ciuyah No.45 RT.05/RW.10 Bandung Barat 40551

Telp : 0812 8310 4119 (Telkomsel)
W.A : 081214518859 (WhatsApp)
Website : www.padepokanit.com
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution