Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Setting Bandwidth Menggunakan Queue Tree Dengan Metode PCQ Konsep Dan Implementasi


Pada tutorial Sebelumnya telah dibahas setting Bandwidth Management Queue Tree Per Client dengan queue type default, pada kesempatan ini saya akan coba bahas setting Q3 Per segmen Network dengan menggunakan queue type PCQ. Dimana dengan menggunakan metode ini waktu konfigurasi lebih cepat karena kita tidak perlu mendefinisikan IP Per Client tapi langsung ke Segmen Networknya dan Bandwidth akan dibagi rata ke seluruh client. Untuk penerapannya kita harus membuat Mangle, buat PCQ Download Upload. Dan Setting Queue Tree.

Asumsi
Total Bandwidth               : Up To 3 Mbps
Jumlah Client                     : 35 Pc
Segmen Network            : 192.168.1.0/24
Metode Queue 3             : Dinamis


Langkahnya adalah Sebagai Berikut :

1.       Buat Mangle Mark Connection dan Mark Packet, Seperti terlihat pada gambar dibawah ini

 
Mangle Connection Mark merupakan jenis marking yang digunakan untuk menandai adanya suatu koneksi atau menandai paket yang pertama kali keluar dari komputer tersebut. Connection Mark dapat digunakan untuk memberikan tanda pada paket pertama baik paket pertama yang merupakan request dariclient ataupun paket pertama yang merupakan respon dari server.

MARK PACKET



Kesimpulan

Mangle Merupakan merupakan salah satu fitur pada firewall router mikrotik yang digunakan untuk memberi tanda (mark) pada paket data. Tujuan memberikan tanda ini dimaksudkan  agar paket tersebut lebih mudah dikenali lagi. Yang nantinya akan lebih mudah menerapkan filter, masquarade, routing, ataupun bandwidth manajemen. Dimana jenis mangle yang biasa digunakan yaitu connection mark, packet mark, dan routing mark.


2.       Kemudian Kita Buat PCQ, lihat gambar dibawah ini


Penjelasan Argumen PCQ
       PCQ rate berfungsi untuk membatasi bandwidth maksimum yang bisa didapatkan. Dengan memasukkan angka pada rate ini (default: 0) maka maksimal download yang akan didapatkan per IP akan dibatasi mis. 128k (kbps).
       Limit berfungsi untuk membatasi jumlah koneksi paralel yang diperkenankan bagi tiap IP. artinya bila kita meletakkan nilai 50, maka cuma 50 koneksi simultan yang bisa didapat oleh 1 IP address (baik itu source / destination).
       Total Limit adalah total keseluruhan koneksi paralel yang diperkenankan untuk seluruh ip addresss (baik itu source ataupun destination).
       PCQ Classifier berfungsi mengklasifikasikan arah koneksi, Misalnya jika Classifier yang digunakan adalah src-address pada Local interface, maka aliran pcq akan menjadi koneksi upload. Begitu juga dgn dst-address akan menjadi pcq download.


3.       Selanjutnya Setting Q3 Dinamis untuk download dan upload lihat gambar dibawah ini



Penjelasan

Queue Tree berfungsi untuk mengimplementasikan fungsi yang lebih komplex dalam limit bandwidth pada mikrotik dimana penggunaan packet mark nya memiliki fungsi yang lebih baik. Digunakan untuk membatasi satu arah koneksi saja baik itu download maupun upload. Secara umum Queue Tree ini tidak terlihat berbeda dari Simple Queue.Perbedaan yang bisa kita lihat langsung yaitu hanya dari sisi cara pakai atau penggunaannya saja. Dimana Queue Simple secara khusus memang dirancang untuk kemudahan konfigurasi sementara Queue Tree dirancang untuk melaksanakan tugas antrian yang lebih kompleks dan butuh pemahaman yang baik tentang aliran trafik.  Pada settingan diatas nilai limit At (CIR) adalah 64 kb/s artinya jika seluruh client terkoneksi ke internet maka semua akan mendapat jatah bandwidth adil sebesar itu. Tetapi jika hanya 1 komputer yang terkoneksi maka akan mendapatkan nilai bandwidth up to 3 Mbps.



4.       Kemudian Uji Coba Hasil Settingan Q3 Menggunakan Speed Test atau coba Download Manager seperti IDM atau yang lainnya.




Pada Uji coba diatas terlihat Client Mendapat Full Bandwidth Up To 3 Mbps

Untuk Mempercepat Proses Belajar Mikrotik bisa menggunakan Panduan Video Tutorial. Untuk itu kami telah membuat Tutorial Mikrotik dalam Bentuk Video Mulai Tingkat Basic - Mahir. Info Disini

Info Video Tutorial Klik Disini
 


Selamat Mencoba

Padepokan IT Course
IT Training Center & Solution
www.padepokanit.com


Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution