Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Memahami Bagaimana Membangun Jaringan Komputer dan Internet


Jaringan komputer dan internet tidak bisa dipisahkan. Bagaimana membangun jaringan komputer dengan koneksi internet?

Pendahuluan

Kalau kita bicara tentang jaringan komputer, maka tujuan utama sekarang ini adalah agar bisa berbagi koneksi internet dengan beberapa komputer lain dirumah atau dikantoran kecil. Kalau jaringan komputer untuk perusahaan dari skala kecil sampai interprise koneksi internet adalah sangat vital utamanya untuk kebutuhan komunikasi baik E-mail, data, voice, video converence ataupun kebutuhan koneksi global lainnya.

Koneksi jaringan internet untuk perusahaan lebih banyak sebagai elemen kunci untuk kebutuhan komunikasi global. Bahkan untuk kebutuhan browsing internet sangat dibatasi dengan berbagai security policy mengingat banyaknya threat yang datang dari internet, apalagi yang berhubungan dengan situs porn. Company biasanya menerapkan filter management terhadap content site yang boleh dikunjungi dengan berlangganan layanan website management semacam Web Spy untuk memfilter black list site dan hanya melewatkan white list site saja, dan juga management account siapa yang boleh dan tidak boleh akses internet, akses download, time management akses internet dan sebagainya.

Kita tidak akan membahas jaringan komputer untuk company baik dengan skala kecil menengah sampai dengan skala enterprise yang rumit. Kita hanya akan membahas bagaimana anda bisa membangun jaringan internet di rumah sendiri.

Jaringan Internet untuk Rumah / SOHO
Apa saja opsi anda untuk bisa membangun jaringan komputer dengan koneksi internet di rumah atau di kantoran kecil anda? Ada tiga opsi utama walaupun ada beberapa layanan internet dengan kalangan terbatas juga di beberapa kota besar dengan koneksi Wifi.
  1. Berlangganan layanan internet dari Telkom Speedy
  2. Berlangganan jaringan 3G cellular
  3. Berlangganan layanan Cable broadband (Jakarta Surabaya)
Ketiga opsi ini akan kita bahas pada seksi-seksi berikut ini.

Jaringan Internet dengan Telkom Speedy
Telkom sangat aggressive sekali akhir-akhir ini untuk memasarkan layanan koneksi internet Speedy untuk di rumahan dan juga untuk perkantoran skala kecil mengingat infrastructure untuk layanan Speedy sudah tersedia di rumah pelanggan yaitu jaringan kabel telpon. Layanan Speedy memang berbasis xDSL yang menumpang lewat kabel voice yang ada tanpa harus saling mengganggu. Kedua layanan voice (telpon) dan Internet bisa berjalan bersama lewat jaringan kabel telpon yang ada.

Perangkat yang dibutuhkan
Jika anda sudah berlangganan speedy, biasanya Telkom menyediakan sebuah modem ADSL gateway yang dikoneksikan langsung ke satu komputer lewat kabel jaringan UTP dari port Ethernet modem ke NIC adapter computer anda. Bagus jika modem gateway dari Telkom berisi empat buah port RJ-45, anda bisa koneksikan ke beberapa komputer sekaligus seperti gambar berikut ini. Jika modem in hanya menyediakan satu port Ethernet (RJ-45) saja maka anda bisa menambahkan sebuah switch yang berisi 8 atau 12 port.

 
Perangkat Yang dibutuhkan dalam Membangun Jaringan

Untuk koneksi Wifi
Bagaimana jika anda ingin memberikan akses wireless kepada beberapa perangkat mobile seperti laptop (dengan Wifi adapter), Smart-phone, iPad, Android dan handphone lainnya yang ada fitur Wifi nya?

Menambahkan wireless AP
Dengan modem gateway yang ada cukup tambahkan sebuah wireless access point (wireless AP) seperti D-link Dap-1360 yang multi-mode. Anda bisa baca artikel lain cara membuat jaringan internet dengan Dlink di link jaringan wifi dengan Dap1360 ini.

Menggunakan wireless ADSL modem gateway
Untuk lebih praktisnya, jika anda menginginkan jaringan internet dengan koneksi Wifi, Speedy biasanya juga menawarkan beberapa jenis wireless modem gateway. Atau anda bisa juga beli sendiri banyak dipasaran seperti Tp-link TD-W8961ND yang sangat bandel atau model terbarunya adalah TD-W8980 wireless N600 modem gateway.

Wireless gateway ini dilengkapi empat buah port Gigabit bisa anda gunakan untuk koneksi langsung ke computer dengan kabel UTP. Bagusnya wireless gateway ini adalah fitur dual band sehingga bisa akomodasi koneksi perangkat wifi anda baik yang beroperasi pada 2.4GHz band atau yang 5GHz band sekaligus.
Anda bisa menghubungkan perangkat jaringan seperti komputer, printer dan storage (lewat koneksi USB), iPad, Android dan HP anda pada jaringan komputer internet ini baik lewat koneksi kabel maupun wifi seperti gambar berikut ini.





Jaringan Internet dengan 3G
Mungkin di tempat cost anda tidak disediakan telpon untuk bisa berlangganan Speedy, nah solusi untuk berbagi koneksi internet dengan beberapa temen gunakan saja modem USB dari 3G dan gunakan wireless router khusus 3G seperti TP-Link TL-MR3020.

Praktisnya wireless router ini adalah modelnya yang kecil, bisa dibawah kemanapun anda pergi asal ada jaringan cellular maka jaringan internet bisa dibuat secara instan. Anda bersama teman dan kolega bisa berbagi koneksi internet dengan laptop mereka, iPad, Android dll bersamaan hanya dengan satu koneksi modem USB.




Bagusnya lagi jika di rumah anda juga bisa menggunakannya untuk koneksi ke Speedy, cukup untuk beberapa koneksi perangkat mobile anda.

Layanan Cable broadband
Untuk di beberapa kota besar seperti di Jabotabek dan Surabaya, anda bisa berlangganan Cable broadband internet yang bisa sekaligus layanan TV cable. Bagaimana anda bisa membuat jaringan komputer dengan koneksi Internet dari Cable broadband ini?
Modem untuk Speedy tidak bisa dipakai, karena layanan Cable menggunakan modem khusus Cable seperti Motorola SB5150 yang murni modem cable, artinya modem yang tidak mempunyai fitur router seperti pada modem Speedy. Jadi anda memerlukan sebuah wireless router untuk bisa membuat jaringan internet wifi. Ingat jangan salah beli, biasanya ada yang salah membeli sebuah wireless access point ketimbang harus wireless router. Ada bedanya antara wireless access point Vs router ini terutama pada fitur NAT
.
Bagaimana koneksinya?
Jaringan internet dengan layanan Cable broadband (seperti First Media) menggunakan Cable modem murni sehingga anda mempunyai banyak pilihan wireless router yang luas sekali ragamnya dari yang kelas murah wireless N150 router sampai generasi kelima wireless ac seperti Netgear R6300 wireless ac router.
ISP anda akan memberikan sewa modem dan memberikan koneksi di rumah dengan menghubungkan cable coaxial Cable ke modem. Sementara untuk koneksi ke wireless router dilakukan dengan menghubungkan kabel UTP dari port RJ-45 modem ke port WAN pada wifi router.
Gambar berikut adalah diagram umum untuk jaringan komputer dengan koneksi Cable broadband internet. Fastnet biasanya menawarkan dua jenis wireless router dari Linksys EA4500 atau yang standard Linksys E900.




Untuk pilihan wireless router, Asus RT-N56U atau penerusnya RT-N66U bisa menggantikan Linksys ini. Kedua jenis router Asus ini mempunyai rating yang sangat bagus sekali di Amazon dengan rata-rata diatas 4.0 untuk skala 5 bintang.





Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution