Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Cara Mudah Mengatur Bandwith Internet Menggunakan Mikrotik dengan Model Simple Queues Dinamis


Dalam tutorial ini akan dibahas bagaimana pembagian bandwith dilakukan secara dinamis, artinya alokasi bandwith yang didapat oleh seorang user akan bergantung dari ada tidaknya user lain yang sedang menggunakan bandwith dijaringan. Jika menerapkan manajem,en bandwith dengan cara ini maka admin akan menerapkan CIR dan MIR yang berbeda. Pada kondisi traffic jaringan yang sangat sibuk komputer user akan mendapatkan alokasi bandwith sesuai nilai CIR, sedangkan jika kondisi jaringan sangat sepi maka komputer user akan mendapatkan alokasi bandwith tertinggi (MIS). 

Manajemen Bandwith ini saya terapkan Real di sebuah Perusahaan Manufactur dengan Jumlah Client 30 dan Bandwith sebesar 2 Mbps. Berikut langkah Implementasinya:

1.       Buat MIR dengan nama limit-all sebagai induk (parent)
Syntak Via Terminal
 queue simple add name="limit-all" target-addresses=192.168.1.0/24
 interface=ether2-LAN max-limit=2M/2M

Via Winbox
Kik Menu Queues dan pilih Simple Queue



2.       Konfigurasi Bandwith Client dengan mengatur Nilai CIR dn MIR yang akan di dapatsetiap user komputer. Konfigurasi CIR dan MIR untuk setiap client akan menggunakan konfigurasi pertama (Name=limit-all) sebagai induk parent
Syntak
queue simple add name name="IT-1" target-addresses=192.168.1.13/32 interface=ether2-LAN parent=limit-all limit-at=64k/64k max-limit=2M/2M 

Via Winbox
Kik Menu Queues dan pilih Simple Queue


 Notes:
 Lakukan Konfigurasi Untuk Client yang lainnya caranya sama hanya Target Addressnya saja yang Beda dan Limitnya tentukan sesuai kebutuhan.


3.       Setelah Semua Client Diatur Bandwithnya, lakukan pengujian dengan cara lakukan download atau browsing di salah satu client. Hasilnya tampak seperti berikut:



Pada Gambar diatas terlihat Client Receptionist telah melawati Batas Bandwith yang ditentukan sehingga Di Beri Warna Merah. Dan client HRD-3 di beri tanda Kuning artinya client tersebut akan mendekati Bandwith yang telah di tentukan.

Penjelasan

Pada Implementasi yang telah diterapkan jika hanya ada satu atau dua user yang memakai internet maka keduanya akan mendapatkan alokasi bandwith masing-masing 1 mbps. Ini memperlihatkan bahwa semua alokasi bandwith 2 mbps sudah terpakai. Dan jika hanya satu user yang online maka user tersebut akan mendapat bandwith Full 2 Mbps. Untuk membuktikannya anda bisa test bandwith menggunakan layanan speedtest.net. dan jika semua user online maka user-user tersebut akan mendapatkan bandwith sesuai dengan nilai CIR yang telah di tetapkan.


Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa nilai CIR pada setiap user pada cara simple queue dinamis  adalah nilai minimal badwith yg diberikan sedangkan nilai MIR yang akan didapat setiap komputer user adalah 2 mbps yaitu nilai maximal bandwith yang diberikan. Atau jika anda ingin melimit bandwith sesuai kebutuhan anda bisa memberikan nilai MIR nya dibawah 2 mbps. Seperti pada contoh diatas diberikan nilai MIR pada user receptionist sebesar 128 kbps. Jadi dalam kondisi internet sepi user tersebut tetap hanya akan mendapatkan 128 kbps.

SELAMAT MENCOBA GOODLUCK

READY VIDEO MIKROTIK BASIC - MAHIR



Share

Artikel Lainnya :



1 comment:

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution