Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Cara riset keyword menggunakan Google Trends

Pada tutorial kali ini akan dibahas bagaimana melakukan riset keyword atau  kata kunci menggunakan google trends. dimana hasil akhirnya penulis akan membuat suatu blog yang bertema panduan wisata dibandung mendapatkan traffic yang bagus. Google Trends adalah fasilitas yang dimiliki oleh Google mengenai Topik, konten dan pencarian yang sedang trend atau hot di internet. Google trends menunjukkan apa yang paling sering dicari oleh pengguna internet di dunia selain menjadi sumber terpercaya untuk mengetahui apa yang sedang hot saat ini di dunia internet.

Fungsi dan manfaat Google Trends
1.   Fungsi utamanya adalah  untuk menunjukkan popularitas keyword atau kata kunci pencarian pada Google Search Engine dari pengguna Google di seluruh dunia.
2.    Dimanfaatkan untuk mencari trafik yang benar-benar ampuh karena kita bisa mengacu berdasarkan trend yang hot di internet sebagai bahan posting blog. terutama untuk blog yang sudah established yang didukung dengan link popularity, sehingga posting yang dibuat  mampu naik di jajaran atas hasil pencarian atas topic yang sedang ngetrend.
3.   Dengan Google Trends memungkinkan sobat untuk bisa membandingkan volume pencarian antara dua atau lebih keyword atau obyek. Perbandingan tersebut ditampilkan dalam suatu grafik yang sangat mudah dipahami.

Penggunaan Google Trends untuk riset kata kunci
Untuk melakukan riset keyword dengan Google Trends langkahnya adalah sebagai berikut
1.       Buka Situs Google Trends. https://www.google.co.id/trends/
2.       Selanjutnya pada kolom search tentukan topik atau kata kunci yang akan dicari, dan dibandingkan

MEMULAI RISET KATA KUNCI WISATA BANDUNG
3.       Hasilnya anda bisa lihat akan muncul grafik perkembangannya tentang topik tadi

TAMPILAN GRAFIK PERKEMBANGAN MULAI 2004 - SEKARANG

Keterangan
1.       Pada pilihan, pilih indonesia artinya kita akan mencari kata kunci populer untuk wilayah indonesia, anda juga bisa mencobanya untuk negara yang lain,
2.       Past 12 months, maksudnya kita akan menampilkan kata kunci terpopuler selama 12 bulan atau satu tahun terakhir, anda juga bisa mencoba memilih 7 hari terakhir, 1 bulan terakhir atau tahun tertentu.
3.       Semua Kategori, ini adalah pilihan kategory, artinya kita akan menampilkan kata kunci terpopuler untuk kategory tersebut, anda juga bisa mencoba untuk memilih kategory yang lain.
4.       Pada Penelusuran Web, artinya bahwa kata kunci yang ditampilkan berdasarkan popularitas web search, tentu saja jika kita pilih web search dalam hal ini adalah mesin pencari google, anda juga bisa mencoba pilahan yang lain untuk kasus ini,
5.       Tambahkan Istilah, silahkan tekan tombol "+Tambahkan Istilah", kemudian pada kotak isian yang muncul kita masukan topik yang lain kemudian tekan enter,  sampai tahap ini google trends akan menampilkan informasi  kata kunci dengan tingkat popularitasnya yang sangat erat kaitannya dengan kata yang  yang kita masukan tersebut.

Sehingga Setelah dilakukan filtering /  pemilihan hasilnya seperti berikut


GRAFIK PERKEMBANGAN 12 BULAN TERAKHIR
DENGAN KATEGORI NEGARA INDONESIA

4.       Selanjutnya Scroll Kebawah dan lihat pada kategori minat dan kawasan. Informasi ini menunjukan wilayah yang memiliki pencarian terbanyak menggunakan kata kunci  yang kita masukan pada tahap 3 diatas, coba kita bisa scroll ke bawah dan bisa kita amati mengenai reginal interest dari kata kunci "wisata" yang kita masukan tersebut seperti gambar berikut:


POPULARITAS BERDASARKAN WILAYAH


5.       Selanjutnya Scroll Ke bawah lagi dan lihat menu popularitas, menu ini menampilkan nformasi kata kunci terpopuler yang paling banyak dicari orang dan kata kunci yang sedang naik daun  yang berkaitan dengan topik yang kita masukan pada tahap #1 untuk no 6 diatas ( topik kata "wisata bandung"), informasi yang ditampilkan disesuaikan dengan pengaturan kriteria pencarian pada tahap #1 tersebut. yaitu negara indonesia, periode 12 bulan terakhir, semua kategori dan alat pencarian adalah Web Search google. Hasilnya sbb

POPULARITAS TERATAS DAN NAIK DAUN



Keterangan

1.       Teratas, adalah kata kunci yang paling populer, nilai 100 menandakan kata kunci tersebut memiliki tingkat popularitas paling tinggi, untuk melihat kata kunci populer lainnya yang berkaitan kata dengan kata kunci pada Group Top ini, anda bisa klik tepat pada kata kunci yang ditampilkan tersebut, seperti terlihat pada gambar diatas, terdapat kata "wisata di bandung" dengan nilai popularitas paling tinggi (100). coba anda klik tepat pada kata tersebut untuk mendapatkan kata kunci populer lainnya yang berkaitan dengan kata "cara membuat" tersebut, google trends akan menampilkan kata kunci populer berikutnya yang berkaitan dengan kata yang kita klik tersebut begitu seterusnya.
2.       Naik daun, adalah informasi mengenai kata kunci yang sedang naik daun, tingkat rising biasanya di ukur dengan nilai persentase, seperti kita lihat diatas, jika ada kata breakout berarti nilai rising tersebut lebih dari 5.000%,  nilai rising biasanya dibandingkan dengan nilai pada periode sebelumnya. jika kriteria periode yang kita pilih 12 Bulan terakhir maka nilai rising akan dibandingkan dengan 2014, untuk judul artikel sebaiknya kita mendapatkan kata kunci paling populer yang memiliki tingkat persentase yang paling tinggi, atau jika ada gunakan saja kata kunci dengan nilai rising breakout.



6.       Dari data diatas menunjukan kata kunci wisata bandung merupakan keyword yang sering dicari dan kata kunci dengan tebing keraton sedang naik daun. Jadi kita bisa mengambil kata kunci tersebut untuk dikumpulkan menjadi kumpulan kata kunci yang nantinya dimasukan ke blog, social media,  atau tools internet marketing yang lainnya. selanjutnya Research kata kunci yang lain.


Selamat Mencoba

Sumber Refrensi :

PADEPOKAN IT COURSES
IT Tutorial, Training Center & IT Solution

 
Share

Artikel Lainnya :



1 comment:

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution