Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Cara Mudah Membangun VPN (Virtual Private Network) di Mikrotik Bagian 1


VPN adalah Virtual Private Network dimana VPN ini merupakan interkoneksi antar jaringan ( PC Client to LAN maupun LAN to LAN ) yang mana interkoneksi ini melalui jaringan Public ( Internet ) sehingga dengan VPN ini terjadi koneksi terselubung alias lorong atau Tunneling Connection sehingga data yang di akses ( data yang di kirim dan di terima ) benar-benar aman.

Langkah Yang dilakukan adalah dengan cara membuat VPN Server dan VPN Client, VPN Server dikonfigurasi dimikrotik sedangkan untuk VPN Client bisa menggunakan Windows XP atau 7 dengan Asumsi VPN yang dibangun PC to LAN. Sedangkan jika LAN to LAN VPN Server dan VPN Client di konfigurasi di Mikrotik.

I.      Membuat VPN Server

Langkahnya :
1.       Konfigurasi PPTP SERVER. ( Point To Point Tunneling Protocol ) dengan cara  buat New Interface PPTP Server. Klik PPP -> PPTP SERVER.


2.       Selanjutnya Buat IP Pool, atau sekelompok IP Address yang akan kita buat untuk mengalokasikan sejumlah IP Address untuk VPN Client per-user yang nanti akan terkoneksi ke Mikrotik VPN Server kita. Klik menu IP –> POOL.
3.       Dari menu IP -> Pool, selanjutnya buat New IP Pool. Misalnya kita alokasikan IP Address : 192.168.1.90 – 192.168.1.99 dan kita berikan nama vpn-client. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini
MEMBUAT IP UNTUK VPN CLIENT


4.       Selanjutnya  lihat IP Pool yang kita buat telah berhasil dengan baik.
5.       Kemudian buat sebuah Profile dengan nama VPS-VPN ( Bebas Terserah Anda) Local Address adalah IP Address yang digunakan sebagai VPN Gateway oleh Mikrotik ( yaitu IP Address Mikrotik LAN ). Remote Address adalah IP Address yang akan diberikan kepada masing-masing


MEMBUAT PROFILE VPN SERVER


6.       Selanjutnya kita klik PPTP SERVER. Option inilah yang menentukan Fitur PPTP SERVER berfungsi apa tidak pada Mikrotik kita. Aktifkan / centang tanda checkmark “ENABLE” lalu pilih Default Profile yang telah kita buat pada langkah keenam.



7.       Langkah selanjutnya adalah membuat User VPN di menu tab “SECREET”. Setting Username, Password, Service : PPTP dan Profile VPS-VPN seperti gambar dibawah ini :

MEMBUAT USER VPN

8.       Sampai disini tugas membangun VPN Server telah selesai dibuat dan langkah selanjutnya adalah membuat setting VPN Client di PC atau Laptop kita.

Catatan 
      Khusus untuk VPN Client menggunakan Windows 7 Setting di Mikrotik Profile VPN dengan mengaktifkan Fasilitas Enkripsi seperti terlihat pada gambar dibawah ini



 Bersambung Ke Bagian 2 Membuat VPN Client di Windows 7

Baca Juga Artikel Konsep VPN Klik Disini

Selamat Mencoba



PADEPOKAN IT COURSE
IT Training Center & Solution

Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution