Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Tips Menjadi Seorang Animator


Banyak Kalangan masyarakat indonesia salah kaprah tentang ANIMATOR , Mereka mengira bahwa orang yang mengerjakan filem ANIMASI  itu adalah Animator (Padahal sebenarnya Profesi Filem Animasi itu meliputi Art Director, Modeler , StoryBoard , Artist dll.

Modal utama seorang animator adalah kemampuan meng-capture momentum ke dalam runtutan gambar sehingga seolah-olah menjadi bergerak atau hidup. Sedikit berbeda dengan komikus, ilustrator, atau katakanlah- karikaturis yang menangkap suatu momentum ke dalam sebuah gambar diam (still). Animator harus lebih memiliki ‘kepekaan gerak’ daripada ‘hanya’ sekedar kemampuan menggambar. Gambar yang bagus akan percuma tanpa didukung kemampuan meng-’hidup’-kan. Sebagaimana definisi dasar animasi yang berarti: membuat seolah-olah menjadi hidup. berikut beberapa tips yang bisa dijadikan acuan untuk menjadi seorang animator

1. Niat & Motivasi

Kenapa Niat & Motivasi ? Karena kalo tidak di lakukan dengan niat akan berakhir dengan putus asa , oleh sebab itu kamu harus niatkan bahwa kamu ingin menjadi ANIMATOR PROFESSIONAL 

2. Bergabung dengan Komuntas Animator 

Dengan bergabung dengan komunitas animator kamu akan banyak bertemu ANIMATOR" yang sudah berpengalaman di bidangnya , dari sanalah kamu mulai sharing" bertanya dan juga tentunya belajar untuk menjadi animator . salah satu Komunitas Animasi Terbesar di indonesia saat ini CCA (Cimahi Creative Centre ) Bagi kalian yang ingin menjadi animator silahkan join komunitas ini karena CCA terbuka dan gratis !

3. Belajar dari ANIMATOR PROFESSIONAL

kalo kita ingin menjadi pedagang tentu kita belajar dengan pengusaha (right ) ? karena jika kita belajar dengan pencopet tentu tidak bisa bukan (yg ada dagangan kita di curi orang haha ) oleh karena itu kita harus belajar dari ANIMATOR PROFESSIONAL Juga jika ingin menjadi ANIMATOR PROFESSIONAL. Salah satu ANIMATOR PROFESSIONAL INDONESIA yaitu RINI SUGIANTO Seorang Animator Professional yang menjadi salah satu animator utama dalam filem "The Adventures of Tintin" --> Lihat Karya" RINI SUGIANTO"

4.Sering" ANIMATE CHARAKTER

Kita harus sering menganimate (atau menggerakan charakter) dengan begitu kita akan memahami seni gerak tubuh mulai dari manusia , hewan , atau charakter" lain nya .

5.Ciptakan Karya dan Minta Kritik

Kalian harus sering menciptakan karya animate lalu publish lah ke jejaring sosial atau lainnya untuk mendapatkan kritikan seperti yang di katakan RINI SUGIANTO  " Kamu sering" Animate , kasi liat ke orang dan minta kritik... terus bikin lagi yang lebih bagus :) . 

6. 12 Prinsip Animasi

Selanjutnya yang amat sangat penting hal yang harus dimengerti seorang animator adalah : 12 prinsip dasar animasi bukan untuk sekedar di hafalkan, tetapi di mengerti dan di terapkan dalam setiap saat membuat gerakan animasi.

7. Bekerja di Studio Animasi

Tentu saja kita harus bekerja di studio animasi agar bisa tau proses produksi filem animasi (Lebih baik lagi jika Buka studio sendiri *Enterpreneur :D )  ini sangat membantu perkembangan anda menjadi seorang animator

8. NEVER GIVE UP !!

"Pesan RINI SUGIANTO  terutama kepada sesama animator adalah untuk tidak pernah putus asa dalam menggapai cita-cita. “Never give up"  Berarti kta tidak boleh menyerah sesusah apapun itu kita harus terus berkarya dan tidak putus asa :)


10. Memahami Proses Pembuatan Digital
Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan desain animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Untuk penggarapan desain animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat. Maka belajar animasi dengan teknik ini jelas lebih mudah dan dana yang dibutuhkan cukup ringan.

1. Pra-produksi
    Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX.

 2. Pasca-produksi
     Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring.

 3. Post-produksi
      Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.

Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Anda bisa belajar animasi dari Tom Cardon, seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules yang mengakui peran penting komputer dalam animasi. Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit.

Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli local. Setidaknya, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Jika Anda belajar animasi, maka peluang lebar pun ada di depan mata.


9.Berdoa ini yang paling utama

LIHAT CUPLIKAN VIDEO


 Sumber : http://techno.okezone.com




Sumber Refrensi

http://anneahira.com
http://alvinzza.blogspot.com


Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution