Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Mengenal Bahasa Pemrograman Delphi


Borland Delphi atau yang disebut delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman pascal atau yang kemudian juga disebut bahasa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari tubo pascal. Turbo pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 dirancang utntuk dijalankan pada system operasi DOS (DISCK OPERATING SYSTEM) yang merupakan syatem operasi yang banyak digunakan pada say itu. Sedangkan Delphi diluncurkan pada tahun 1995 dirancang untuk beroprasi dibawa system operasi windows. 

Dengan satu rilis baru setiap tahunnya, pada tahun 2002 dukungan untuk Linux (melalui Kylix dan CLX component library) ditambahkan dan tahun 2003 .NET mulai didukung dengan munculnya Delphi.Net (Delphi 8). Chief Architect yang membidani Delphi, dan pendahulunya Turbo Pascal, adalah Anders Hejlsberg sampai kemudian ia pindah ke Microsoft tahun 1996 di mana ia sebagai chief designer C# dan termasuk orang kunci dalam perancangan Microsoft .Net Framework. Dukungan penuh untuk .Net ditambahkan pada Delphi 8 (dirilis pada bulan Desember 2003) dengan penampilan user interface (look and feel) mirip dengan Microsoft Visual Studio .NET. Delphi 2005 (nama lain dari Delphi 9) mendukung code generation baik untuk win32 maupun .NET, dan seperti yang telah dikenal, fitur-fitur manipulasi data secara live dari database secara design-time. Ia juga membawa banyak pembaruan pada IDE secara signifikan.  


KELEBIHAN BORLAN DELPHI
Borland dephi 7 merupakan pilihan dari sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. Hal ini disebabkan kelebiha yang ada pada Borland, berikut ini sebagian kecil dari banyak kelebiahan Borland Delphi 7 :
  • Berorientasi Object Oriented Programig. Setiap bagian yang ada pada program dipanang sebagai suatu object yagn mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur.
  • Menggunakan Bahasa Tingkat Tinggi
  • Satu file EXE, setelah anda merancang program dalam IDE Delphi, Delphi akan mengkompilasinya menjadi sebua file executable tunggal. Program yang anda buat dapat langsung dijalankan dan didistribusikan pada computer lain tanpa perlu menyertakan file DLL dari luar. Ini merupakan sebuah kelebihan yang sangat berarti.
  • Borland Delphi 7 hadir bersama Borland Kylix 3 yang berbasiskan Linux, sehingga memungkinkan anda untuk membuat aplikasi multi-platform. 
  • Pengembangan aplikasi secara cepat ( Rapid Application Development / RAD).
  • Hasil dari proses kompilasi berupa sebuah file yang dapat di eksekusi ( executale file) sehingga mempermudah dalam pendisribusian program dan mengurangi banyaknya file pendukung DLL.
  • Delphi menyediakan banyak sekali komponen yang dapat digunakan. Selain itu banyak juga komponen yang bersumber dari pihak ketiga yang biasanya disertai dokumentasi, source code dan lain-lain. Komponen dari pihak ketiga tersebut bisa berupa komersil atau free.
  • Mendukung banyak database server ( MySQL, SQL Server, Interbase, Oracle dll) sehingga mudah dalam pembuatan aplikasi.
  • Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut
    source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging)
  • Komunitas pengguna yang besar pada Usenet maupun web
  • Mendukung multiple platform dari source code yang sama

Komponen Delphi

1.       Form
Memiliki fungsi untuk menyusun komponen yang akan digunakan dan mendesain tampilan dari aplikasi yang ingin kita tampilkan pada publik agar publik tau apa maksud dari tampilan yang kita buat tersebut.

2.       Object Inspector
Memiliki fungsi untuk merubah tampilan pada form jika sudah di run agar publik mengetahui keterangan yang ada pada tampilan. Object inspector memiliki 2 bagian penting, yaitu:
properties   : untuk mengatur tampilan pada form maupun komponen yang ada pada Form terpilih. Seperti mengatur jenis font, ukuran font, warna font,dll
events         : sarana untuk menentukan tindakan yang diinginkan yang akan diaktifkan pada suatu kasus tertentu  

3.       Component Pallete dan Toolbar
component palette : merupakan tempat untuk memilih komponen yang akan digunakan dalam aplikasi. Komponen-komponen tersebut dikelompokkan pada suatu paket komponen, untuk memilih komponen haruslah memilih nama paketnya terlebih dahulu yaitu dengan memilih salah satu tab yang bertuliskan nama paket komponen tersebut.
tool bar : berfungsi untuk mempercepat langkah dalam pengoperasian dari aplikasi yang telah dibuat.

4.       Edit Window
Tempat untuk menyusun perintah-perintah yang sebagian besar dituliskan oleh programmer untuk menjalankan aplikasi dari program yang telah dibuat.


Catatan
Ketika pertama kali membuat aplikasi, begitu dilakukan penyimpanan Delphi akan membuat beberapa file penting diantaranya
- File Project *.dpr
- File form tempat design dibuat *.dfm
- File tempat coding diketikan *.pas
- File hasil compile *.exe

 
Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution