Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Memahami Perintah PING untuk Testing Koneksi Lalu Lintas Jaringan



Dalam Tutorial ini akan dibahas cara testing koneksi jaringan menggunakan  Perintah Ping. PING singkatan dari Packet Internet Gropher, secara pengertian PING adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Langkahnya adalah sebagai Berikut :

1.       Pastikan kabel-kabel jaringan  komputer sudah terhubung dengan Switch/hub dan komputer
2.       Masuk ke menu Command Promt, klik Start > Run > ketik CMD
3.       Pada Command Promt Ketik ping [alamat ip komputer target] misal ping 192.168.1.4 hasilnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini

Gambar : Tes Koneksi Ping ke IP 192.168.1.4


Pada gambar diatas koneksi jaringan berhasil atau komputer sudah terhubung dalam jaringan ditandai dengan Reply From 192.168.1.4 byte=32 TTL=128

Jika Jaringan Tidak Connect di tandai dengan Destination Host Unreachable

Studi Kasus Lain Dalam Memahami Perintah PING
Contoh Lain Kita akan lakukan Ping ke  www.google.com


Penjelasan:
Arti dari pesan tersebut komputer yang digunakan untuk melakukan PING ke www.google.com terhubung ke internet. dengan statistik 4 paket PING atau ICMP terkirim, dan menerima 4 paket PING, kehilangan paket 0, perkiraan perjalanan paket dalam mili second, lama waktu perjalanan paket paling cepat 67 ms, paling lama 285 ms, dan rata-ratanya = 96 + 285 + 125 + 67 = 573  dibagi 4 = 143,25 ms, dalam perhitungan sistem Windows dijadikan 143 ms. arti dari round trip adalah perjalan paket PING dari komputer yang digunakan untuk melakukan PING, kemudian ke host server www.google.com kembali lagi ke komputer client, atau secara sederhana diartikan perjalanan pulang pergi.
Bytes
Secara default ukuran paket ICMP PING adalah 32 bytes, Anda dapat mengubahnya dengan memberikan opsi ukuran.
Time
Time pada sebuah paket PING mengindikasikan ketersediaan bandwidth yang disediakan untuk paket PING, jika bandwidth PING habis maka statistik dari time, akan semakin besar. pada contoh diatas keadaan masih normal yaitu 3 ms. biasanya ISP mengalokasikan bandwidth khusus untuk PING ini.
TTL
TTL singkatan dari Time To Live, adalah sebuah ukuran yang menunjukkan identitas sebuah host, nilai PING dari Windows adalah 128, artinya jika TTL 128 sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP, untuk mencobanya silakan Anda melakukan PING localhost.

 di command prompt. setiap melewati 1 router TTL akan di kurangi 1 paket. pada contoh diatas TTL dari www.google.com adalah 244. aslinya tidak 244 berhubung melewati banyak router sehingga sisanya tinggal 244.
Fungsi Lain dari Utilitas PING adalah sebagai berikut:
1.       Aplikasi PING digunakan untuk troubleshooting jaringan komputer, dapat juga digunakan untuk mengetahui secara cepat IP address sebuah domain, pada contoh ini akan dilakukan  PING terhadap  www.detik.com terlihat IP address yang digunakan www.detik.com adalah 203.190.241.43


2.       Mengecek koneksitivitas sebuah host
Jika paket PING replay berarti host terhubung, jika unreachle maka host kemungkinan besar tidak terhubung, atau ada kabel yang terlepas, atau LAN card mengalami kerusakan.

3.       Mengecek kualitas koneksitivitas jaringan
Ketika melakukan PING ke sebuah host akan muncul statistik paket lost, jika jaringan yang digunakan dalam keadaan bagus maka paket loss = 0 (0 % loss) atau (nol persen)
Dalam TCP/IP PING masuk dalam klasifikasi protokol ICMP, protokol ICMP sendiri memiliki 2 jenis aplikasi yaitu PING, dan TRACEROUTE. Dalam keadaan tertentu seorang administrator jaringan menolak paket PING, dengan tujuan tidak lain ingin mengamankan sebuah host dari serangan hacker, atau cracker. maka ketika dilakukan perintah ping tidak akan menunjukkan reply sehingga seakan-akan host dalam keadaan mati atau tidak terhubung ke internet atau tidak ada host dari IP address tersebut. sebuah paket PING yang sangat banyak menuju host akan menyebabkan pingflood atau Denial Of Service yang dapat menggangu kinerja sebuah host, atau dapat mengedownkan sebuah host. Hal inilah yang paling ditakuti oleh administrator jaringan komputer. Ping yang banyak digunakan sebagai standar PING yaitu pada PING pada layer 3 yaitu layer network, ketika melakuan ping www.google.com artinya ping bekerja pada layer 3 network. pada MikroTik router OS terdapat ping pada layer 2 yaitu PING MAC address.

Selamat Mencoba

Share

Artikel Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Training Bulan ini

Padepokan IT Course

Lokasi Training
Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

Telp : 081214518859 (WhatsApp)
E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
Instagram : @padepokanit
Website : www.padepokanit.com

Info Site

User Online Padepokan-IT Course

IT Tutorial, Training & IT Solution