Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

Lokasi : Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 LT 3, Bandung Barat

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR

VIDEO TUTORIAL MIKROTIK  VIDEO + MODUL TRAINING ORDER BISA  VIA TOKOPEDIA KLIK LINK GAMBAR
Update Video Tutorial > Lebih dari 350 Video Tutorial MIkrotik

Jadwal Training Mikrotik Running Setiap Awal dan Akhir Bulan

Excel Fundamental, Excel Advanced, Dan Excel Programming VBA

IT TRAINING CENTER CONTACT : 0812-1451-8859 / 081-1219-8859

Review Pembahasan Windows 32 Bit Dan 64 Bit

A.      Sejarah Singkat Komputer 64 Bit

Apa yang dimaksud 64-bit? Dalam konteks diskusi tentang komputer pribadi 32-bit dan 64-bit, format XX-bit mengacu pada besarnya register CPU. Register disini adalah jumlah penyimpanan yang digunakan oleh CPU ketika CPU tersebut menyimpan data. Hal ini diperlukan untuk mempercepat akses data sehingga kinerja dari komputer tetap optimal. Sehingga jika didasarkan pada besarnya register tersebut, CPU dengan register 64-bit dapat memproses data lebih banyak dibandingkan dengan CPU 32-bit yang lebih cepat dari CPU 16-bit dan 8-bit. Semakin banyak ruangan yang tersedia dalam sistem register CPU, maka semakin banyak juga proses yang dapat ditangani, khususnya dalam hal sistem memori. Sebagai contoh, sebuah CPU dengan register 32-bit, akan memmpunyai plafon sebanyak 232 alamat dalam register, sehingga kecepatan akses-nya juga terbatas hanya sampai 4GB RAM. Ini akan kelihatan besar sekali jika kita terapkan di zaman 40 tahun yang lalu, tapi tidak jika diterapkan pada komputer modern seperti sekarang ini


Meskipun komputer 64-bit tampak baru di dunia teknologi, tapi pada sesungguhnya telah ada semenjak beberapa tahun yang lalu. Komputer pertama yang menggunakan arsitektur 64-bit adalah Cray UNICOS, yang disetting untuk digunakan sebagai superkomputer 64-bit (Cray 1 dapat dilihat pada gambar diatas). Komputer 64-bit ini diperkirakan akan ramai menjadi super komputer atau komputer server hingga 15 tahun lagi, dan selama itu, para konsumen secara berangsur-angsur beralih ke komputer 64-bit, padahal pada kenyataannya banyak dari mereka yang sudah menggunakannya. Sebagai contohnya: Nintendo 64 dan PlayStation 2 yang memiliki processor 64-bit.

B.      Perbedaan Windows 64 Bit Dan 32 Bit

    1.       Apakah lebih baik menggunakan windows 7 64-bit atau windows 7 32-bit?
    windows 7 64-bit akan lebih tepat guna apabila digunakan oleh user yang sering bekerja dengan ukuran file yang besar dan membutuhkan memori (RAM) yang besar pula, misalnya desain grafis, gamers. Kenapa? Karena windows 7 64-bit akan memberikan performa yang lebih baik dan maksimal dibandingkan windows 7 32-bit. windows 7 64-bit mendukung upgrade memory sampai 193 GB, sedangkan windows 7 32-bit hanya sampai 3GB. Dari segi keamanan sendiri, windows 7 64-bit lebih aman digunakan karena driver windows 7 64-bit harus memiliki sertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, sehingga sangat sulit untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

    2.       PC atau komputer seperti apa yang bisa menggunakan windows 7 64-bit?
    Pada umumnya komputer yang ada di pasaran saat ini dapat menggunakan windows 7 64-bit, tapi ada juga yang belum bisa yaitu komputer yang menggunakan processor low end seperti Intel Atom atau Intel Dual Core ke bawah. Processor yang kelasnya Intel Dual Core ke atas sudah pasti dapat menjalankan windows 7 64-bit, namun untuk memastikannya bisa gunakan Program Identifikasi Processor dari Intel untuk mengetahui apakah processor Anda bisa menjalankan windows versi 64-bit.

    3.       Hardware lainnya seperti LAN Card, Sound Card, VGA Card apakah juga support?
    Kalau urusan Hardware, bisa dilihat tahun pembuatannya. Hardware yang dibuat setelah adanya windows Vista maka bisa support windows 7 64-bit. Sebaliknya bila hardware dibuat sebelum lahirnya windows Vista maka sebaiknya lihat di website vendor pembuat hardware untuk mengetahui apakah ada driver yang mendukung windows 7 64-bit.

    4.       Apakah Driver windows 7 32-bit bisa digunakan pada windows 7 64-bit?
    Apabila ada pertanyaan seperti ini, maka jawabannya sudah pasti tidak bisa. windows 7 32-bit mempunyai struktur yang berbeda dengan windows 7 64-bit.

    5.       Apa solusinya apabila windows 7 64-bit telah terinstal pada PC atau laptop, sedangkan hardware diperuntukkan windows 7 32-bit?
    windows 7 memiliki sebuah fitur yang namanya windows XP Mode (Virtual Machine), dengan mode ini maka Anda bisa menggunakan driver windows 7 32-bit walaupun komputer Anda telah terinstal windows 7 64-bit.

    6.       Apakah program windows 32-bit bisa dijalankan pada windows 7 64-bit?
    Teknologi WOW (Win 32 on Win 64) adalah solusinya. Jadi Anda bisa menjalankan program windows 7 32-bit pada windows 7 64-bit.

    7.       Apakah bisa mengupgrade Windows 7  32-bit ke Windows 7 64-bit?
    TIDAK. Untuk menginstall Windows 7 64-bit dari Windows 7 32-bit anda harus melakukan Installasi penuh alias tidak bisa mengupgrade langsung Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit.


    C.      Cara untuk mengetahui apakah processor kita bertekhnologi x64(64-bit) atau x86(32-bit)

    1.      Manggunakan Komputer Properties, cirinya adalah Jika processor anda kompatibel dengan processor x64 (64-bit), maka pada bagian64-bit capable akan bertuliskan Yes.
    2.      Menggunakan RegEdit
    3.      Menggunakan MSINFO32
    4.      Menggunakan Software CPUZ




    Share

    Artikel Lainnya :



    No comments:

    Post a Comment

    Training Bulan ini

    Padepokan IT Course

    Lokasi Training
    Jl. H.Gofur Komplek Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No 16 Lantai 3, Cilame, Bandung Barat

    Telp : 081214518859 (WhatsApp)
    E-Mail : padepokanit.course@gmail.com
    Instagram : @padepokanit
    Website : www.padepokanit.com

    Info Site

    User Online Padepokan-IT Course

    IT Tutorial, Training & IT Solution