Landing page adalah halaman dalam
website yang didesain khusus dengan mindset marketing.
Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil
pencarian berbayar (paid search). ada dua fungsi utama landing page. Pertama,
landing page bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau
leads. Leads inilah yang dijaga oleh
bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa
mendatang.Kedua, landing page juga bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi.
Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata
lain, landing page memberikan jalan
khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.
5 Alasan Orang Lebih Memilih
Landing page daripada Website
1.
Landing Page simple
2.
Meningkatkan Konversi Penjualan
3.
Mendapatkan data calon konsumen
4.
Meminimalisir kemungkinan Calon customer
beralih ke penjual lain
5.
Bebas Promosi
Tentunya kita semua sudah paham
tentang apa itu website, apa lagi bila kita berprofesi sebagai internet
marketer. Tetapi sudahkah kita mengetahui tentang apa itu landing page?
Landing page bisa diartikan
sebagai halaman yang menarik sebagai media promosi. Tidak hanya produk digital,
tetapi landing page juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk fisik
seperti, buku, rumah, ataupun bisnis offline Anda.
Dengan hal itu, apa aja sih
kelebihan landing page?
1. Landing page lebih simple
yang dimaksud yaitu landing page
dibuat dengan hanya memiliki 1 tujuan, yaitu untuk mengarahkan calon pembeli
langsung membeli produk kita tanpa melirik kiri kanan.Berbeda dengan website
yang memiliki banyak pilihan dan tujuan di setiap fiturnya.
2. Meningkatkan Konversi
penjualan
Karena memang tujuan dibuatnya
landing page hanya ada 1, maka tak jarang juga landing page meningkatkan
konversi penjualan. Dari beberapa penelitian mengungkapkan kehebatan landing
page bahwa dengan menggunakan landing page konversi penjualan bisa naik hingga
25%.
Maka tak jarang juga nih mereka
yang berprofesi sebagai internet marketer sekarang menggunakan landing page
sebagai media promosinya.
3. Mendapatkan data calon
konsumen
Ini juga merupakan salah satu
keunggulan landing page. Dengan menggunakan landing page anda juga dapat
menambah database anda.Biasanya mereka menggunakan trik harus memasukan email
untuk mendapat diskon. Dengan ini anda berhasil mendapatkan email customer yang
nantinya bisa digunakan untuk mempromosikan produk anda Hal ini sulit untuk
didapatkan jika anda hanya menggunakan website
4. Meminimalisir kemungkinan Calon customer beralih ke
penjual lain
Jika anda memiliki bisnis atau
usaha sendiri, ini merupakan poin paling penting untuk anda.Berbeda dengan
berjualan di marketplace atau platform lain, disini pengunjung atau calon
customer dipaksa hanya untuk melihat satu arah yaitu terfokus pada produk yg
anda tawarkan. Minimalkan navigasi yang ada di landing page agar calon konsumen
benar-benar fokus dengan produk Anda. Sehingga kemungkinan calon konsumen itu
membeli produk Anda semakin besarKeuntungan ini eksklusif hanya untuk landing
page saja yaa, website tidak memiliki keuntungan ini.
5. Bebas promosi
Memiliki landing page sama saja
Anda memiliki media promosi anda sendiri. Anda bebas dalam melakukan promosi
tanpa ada yang mengatur. Tidak ketergantungan dengan pihak ketiga yang sering
melakukan perubahan aturan main atau algoritma yang diterapkan. Hal ini menjadi
keuntungan bagi Anda untuk bisa meningkatkan konversi penjualan produk Anda.
Demikian sekilas tentang apa itu landing page,
fungsi, manfaat dan alasan kenapa harus membuat landing page kesimpulannya Secara
umum, ada dua jenis landing page. Pertama adalah lead generation
landing pages (kadang disebut juga lead gen atau lead
capture pages). Lalu yang kedua adalah click-through landing
pages.
Berikut adalah penjelasan singkatnya:Lead
generation landing pages berfungsi untuk mengumpulkan data calon
pelanggan. Utamanya, data dalam bentuk nama dan alamat email. Kedua data ini
kemudian akan disimpan dan dipakai bisnis untuk merawat hubungan dengan calon
pelanggan.
Lewat alamat email itulah pemilik bisnis biasanya mengirimkan berbagai info
promo dan diskon, berita, artikel blog, dan konten lainnya (ebook, checklist,
dan materi yang bisa diunduh lainnya). Praktik macam ini umum dipakai dalam
model marketing B2B.
Hal serupa juga sering dipakai dalam bisnis dengan produk atau layanan berbiaya
tinggi.
Click-through landing pages biasanya
dipakai dalam e-commerce atau model marketing B2C.
Halaman yang ditampilkan biasanya hanya membuat satu tombol sederhana. Tombol
tersebut sering memuat tulisan semacam “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Shop
Now” dan sebagainya.
Semoga Bermanfaat
Source
·
Telegram Bisnis Belajar Digital Marketing
·
Niagahoster.co.id
Untuk Mempermudah Belajar Bagaimana Membuat Landing Page
Bisa mengikuti Tutorial Landingpage Mastery